androidvodic.com

Respons Isu Pemanasan Global, UP Terapkan Konsep Green Campus Sejalan Rekomendasi SDGs Goals - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Isu pemanasan global kini menjadi perhatian serius kalangan perguruan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia merespon isu ini dengan mengimplementasikan konsep kampus hijau (green campus) yang lebih ramah lingkungan.   

Seperti dikemukakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (UP) Siswono Yudo Husodo.

Dia menyampaikan, UP merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah menerapkan konsep Green Campus.

Baca juga: Tembus Pasar Global, Kemendag Lepas Ekspor Kopi Gayo ke Inggris

Mengacu pada Universitas Indonesia Green Metric (UI GreenMetric) yang merupakan salah satu pemeringkatan internasional, UP menjadi bagian dari 88 perguruan tinggi di Indonesia dan 912 perguruan tinggi di dunia.

"UP menduduki peringkat ke 22 Nasional dan 289 Internasional pada pemeringkatan UI GreenMetric tahun 2020," ujar Siswono saat menjadi pembicara Webinar Internasional tentang Green Campus dan Sustainable Development Goals (SDGs) bertemakan “Technology Innovation & Implementation for Green Campus based on Sustainable Development Goals (SDGs)”, yang diselenggarakan secara online, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Luhut Klaim PPKM Berjalan Baik dan Pandemi Terkendali

Siswono menjelaskan, UP memiliki program green campus yang sejalan dengan SDG's Goals.

"Kampus kami mengimplementasikan efisiensi energi yang rendah emisi, melakukan konservasi sumber daya, dan meningkatkan kualitas lingkungan, dengan cara mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara bekelanjutan," ujarnya.

Dijelaskan, Green Campus merupakan kampus yang mengimplementasikan efisiensi energi yang rendah emisi, melakukan konservasi sumber daya, dan meningkatkan kualitas lingkungan, dengan cara mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara bekelanjutan.

Baca juga: Memanfaatkan Teknologi Basis Konsorsium Mikroorganisme, Limbah Ternak Diolah Jadi Briket Media Tanam

Green Campus merupakan kampus yang peduli dan berbudaya lingkungan dan telah melakukan pengelolaan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan.

Sejak tahun 2013, pemerintah telah menetapkan beberapa kampus sebagai kampus percontohan untuk green campus.

Selain kebijakan untuk mengurangi dampak pemanasan global, pemerintah juga melaksanakan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicetuskan dalam Sidang Umum PBB pada September 2015 silam.

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya pada tahun 2030.

Webinar juga memberikan peluang bagi para dosen/peneliti dan mahasiswa untuk melakukan inovasi penelitian yang berkualitas untuk menyukseskan program SDGs.

Rektor Universitas Pancasila menegaskan, pemanasan global bukan hanya sekedar masalah, namun memiliki dampak yang tidak menguntungkan pada ekosistem dunia.

Pemerintah mengambil kebijakan dengan mengajak civitas akademika untuk berperan aktif dalam mengurangi dampak pemanasan global

Mantan Menteri KLH Prof. Emil Salim menekankan, untuk meningkatkan daya saing Indonesia di antara negara-negara maju dan seiring dengan implementasi SDG's, kalangan akademisi di Indonesia memiliki peran edukasi, menciptakan inovasi dan meningkatkan produktivitas.

Dia berharap kalangan perguruan tinggi seperti UP bisa lebih berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat