androidvodic.com

Saat Jokowi Saksikan Pertunjukan Kebudayaan dan Hadiri Jamuan Santap Malam G20, Berikut Foto-fotonya - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pertunjukan kebudayaan di Terme di Diocleziano, Roma, Italia, Sabtu (30/10/ 2021) malam.

Pertunjukan kebudayaan ini merupakan bagian dari rangkaian KTT G20.

Presiden Jokowi tiba di tempat pada pukul 20.11 waktu setempat.

Presiden tiba di gedung yang dibangun antara tahun 298 dan 306 Masehi tersebut.

Presiden tampak berbincang bersama sejumlah pemimpin seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Presiden kemudian bergabung bersama Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, dan para pemimpin negara lain untuk menyaksikan pertunjukan budaya yang menyuguhkan karya seni, pertunjukan musik, hingga tarian.

Usai menyaksikan pertunjukan budaya, Presiden Jokowi kemudian menuju Istana Kepresidenen Palazzo del Quirinale untuk menghadiri jamuan santap malam oleh Presiden Italia Sergio Mattarella.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Proses Vaksinasi Covid-19 Harus Merata dan Setara

Presiden pun sempat berfoto bersama dengan Presiden dan PM Italia beserta pasangan masing-masing.

Turut mendampingi Presiden dalam jamuan santap malam tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pertunjukan kebudayaan 1
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbincang dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Terme, Diocleziano, Roma, Italia, Sabtu (30/10/ 2021) malam. (Sekretariat Presiden )

Jokowi Berpidato Soal Keberpihakan pada UMKM dan Perempuan

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato mengenai peran perempuan dan UMKM pada side event KTT G20 di Roma Italia, Sabtu, (30/10/2021). Dalam pidatonya tersebut Presiden mengatakan Peran perempuan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bagi kemajuan bangsa merupakan keniscayaan.

Bagi Indonesia, UMKM adalah sendi utama perekonomian. Indonesia memiliki lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61 persen perekonomian nasional.

Di saat yang sama, 64 persen pelaku UMKM Indonesia adalah perempuan sehingga bagi Indonesia, memberdayakan UMKM berarti juga memberdayakan perempuan. UMKM juga menunjukkan ketangguhan yang cukup tinggi di tengah pandemi.

Baca juga: Dalam KTT G20, Putin Desak Negara-negara Percepat Langkah Saling Mengakui Vaksin Covid-19

Untuk itu, Presiden menyebut bahwa G20 harus terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat