androidvodic.com

Jangkau Daerah Pelosok, BPJS Kesehatan Hadirkan Mobile Customer Services Bagi Warga Wamena - News

News - Di masa pandemi, BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya serta inovasi demi mempermudah seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses jaminan kesehatan.

Salah satunya dihadirkan BPJS Kesehatan Cabang Wamena melalui pengadaan Mobile Customer Service (MCS) bagi masyarakat sekitar Wamena.

MCS sendiri adalah inovasi dari BPJS Kesehatan berupa layanan keliling melalui kendaraan mobil bagi para peserta JKN-KIS. Layanan ini ditujukan untuk mendatangi lokasi-lokasi yang terletak jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan.

Dengan MCS, diharapkan masyarakat yang berada jauh dari kantor cabang atau yang tidak sempat mendatangi kantor cabang dapat merasakan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan.

Tetap rutin berikan pelayanan di masa pandemi

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Wamena Lamsah R. Sidabutar mengatakan, para petugas MCS rutin memberikan layanan melalui kendaraan MCS dengan berkeliling ke wilayah sekitar.

Ada beragam jenis pelayanan yang bisa didapatkan oleh masyarakat melalui MCS. Beberapa di antaranya adalah pemberian informasi kepada masyarakat yang belum terdaftar pada program JKN-KIS, serta pengecekan data peserta.

Mengingat Indonesia masih berada dalam masa pandemi Covid-19, pihak BPJS Kesehatan tidak lupa untuk tetap melaksanakan pelayanan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Maka dari itu, MCS tidak mendatangi lokasi-lokasi yang ramai. Fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersebar di sekitar Wamena menjadi tujuan utama MCS di masa pandemi ini. Peserta yang dapat mengakses layanan pun dibatasi dalam sehari, dan diberlakukan juga sistem antrean.

“Layanan MCS merupakan pelayanan rutin bagi para peserta yang tidak sempat mengunjungi kantor cabang kami. Tetapi di masa pandemi seperti saat ini, kita tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan. Maka dari itu kami memilih untuk memberikan pelayanan MCS di fasilitas kesehatan daripada mengunjungi pusat-pusat keramaian yang ada di kota,” jelas Lamsah.

Mudah mengakses layanan meski tinggal jauh dari kantor cabang

Salah seorang masyarakat asli Papua yang tinggal di sekitar Puskesmas bernama Mama Martha jadi salah satu peserta yang turut mempergunakan layanan ini. Mama martha mengunjungi MCS di salah satu Puskesmas di Kota Wamena, yaitu Puskesmas Hom-Hom untuk melakukan pengecekan data peserta pada Jumat (22/10/2021).

Saat itu, ia kebetulan mengunjungi Puskesmas Hom-Hom untuk mengantar anaknya berobat. Ia pun mengaku merasa senang ketika melihat ada petugas BPJS Kesehatan di halaman Puskesmas.

Menurutnya, selama ini ia tidak sempat melakukan pengecekan data kepesertaannya karena kesibukan sehari-harinya berjualan sayur di Pasar Jibama Wamena.

“Sudah lama saya ingin mengecek data kepesertaan saya dan keluarga, tetapi karena selalu berjualan di pagi hari jadi saya belum sempat datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Pagi ini karena anak saya sakit jadi saya ke Puskesmas, dan ternyata ada petugas BPJS Kesehatan. Saya merasa senang karena hari ini akhirnya saya bisa mengecek kepesertaan keluarga saya,” ungkap Martha.

Martha berkata bahwa keberadaan layanan MCS di Wamena sangatlah membantu bagi masyarakat seperti dirinya yang tinggal jauh dari kantor cabang. Dengan adanya layanan MCS ini, ia tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor cabang lagi untuk mengakses layanan yang ia perlukan dari BPJS Kesehatan.

"Terima kasih BPJS Kesehatan sudah menghadirkan layanan MCS yang sangat bermanfaat bagi kami yang tak punya waktu ke kantor BPJS Kesehatan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat