androidvodic.com

Kepala BPKP Berharap Sertifikasi CGCAE Dapat Meningkatkan Kualitas Pengawasan Intern - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh memberikan Certification of Government Chief Audit Executive (CGCAE) kepada para peserta pelatihan.

Dia berharap sertifikasi ini dapat meningkatkan kualitas pengawasan dari BPKP.

"Sertifikasi CGCAE secara khusus dirancang menjadi bagian dari upaya bersama dalam mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan pengawasan intern di Indonesia," kata Ateh melalui keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

CGCAE, kata Ateh, merupakan upaya BPKP dalam meningkatkan kompetensi untuk para pimpinan Aparat Pengawas Intern Pemerintah APIP atau auditor eksekutif.

Khususnya yang tidak memiliki latar belakang dan kompetensi pengawasan.

Dia berharap CGCAE dapat meningkatkan kapabilitas dan kompentensi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sebagai salah satu faktor krusial dalam pencegahan korupsi di Kementerian, Lembaga maupun Pemda.

Baca juga: BPK dan BPKP Juga Sepakati Kegiatan Audit Bersama

"Sertifikasi CGCAE yang diperoleh bukanlah sekadar tambahan gelar yang disematkan di belakang nama belaka, melainkan terdapat tanggung jawab moral, ilmu, dan kompetensi yang telah didapat untuk meningkatkan peran APIP dalam mengawasi keuangan negara," ujar Ateh.

Ateh berpesan kepada alumni CGCAE untuk meningkatkan peran pengawasan intern pada instansi masing-masing.

Sebab kata dia, APIP merupakan motor penggerak dan katalisator yang harus dapat berperan dalam optimalisasi peran APIP di lingkungannya masing-masing.

Ateh menerangkan, semenjak diluncurkan pada tahun 2020 lalu, BPKP telah menyelenggarakan pelatihan CGCAE sebanyak 17 kali dengan total peserta mencapai 351 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 223 peserta atau 63 persen dari total peserta telah berhasil lulus dalam uji kompetensi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat