androidvodic.com

Lukman Hakim Berharap Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PTK Katolik Bisa Dilaksanakan Tiap Tahun - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Mantan Menteri Agama RI (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan harapannya, agar gelaran Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Katolik bisa digelar tiap tahun setelah diresmikan perdana pada 2021 ini.

Hal ini perlu dilakukan, kata Lukman, guna meningkatkan kualitas dari mahasiswa Perguruan Tinggi, baik dalam bidang penelitian maupun dalam bidang kajian.

Sebagai informasi, perlombaan yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Katolik ini merupakan yang perdana dilakukan.

Untuk saat ini sendiri, total 71 mahasiswa dari 21 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Katolik yang telah sampai pada babak Grand Final di Jakarta.

Baca juga: Kemenag Resmikan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PTK Katolik Tingkat Nasional

"Saya berharap Ditjen Bimas Katolik menjadikan program ini program tahunan, sehingga kemudian setiap PT memiliki persiapan yang cukup karena dia sudah memperkirakan tahun depan akan ada lomba karya tulis ilmiah seperti ini lagi," kata Lukman saat ditemui News, di Aryaduta Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (14/11/2021).

Lebih lanjut, kata Lukman, perlombaan ini juga bertujuan untuk mempromosikan penguatan moderasi beragama.

Sebab, semua karya tulis yang dilombakan tersebut berkaitan dengan tema-tema mengenai moderasi beragama yang kaitannya dengan anti kekerasan, toleransi, komitmen kepada kebangsaan dan akomodasi terhadap budaya lokal.

"Itu adalah sesuatu yang sangat mendasar, karena itu terkait dengan sejumlah indikator dalam penguatan moderasi beragama," ucapnya.

Lukman sendiri dalam perlombaan ini bertindak sebagai juri bersama dengan Filsuf Katolik Indonesia, Eko Armada Riyanto dan Guru Besar Universitas Semarang, Prof YL Sukestiyarno.

Baca juga: Soal Pengeras Suara Masjid, MUI Minta Kemenag Segarkan Aturan dan Aktif Sosialisasikan kepada Takmir

Sebelumnya, Kemenag melalui Ditjen Bimas Katolik meresmikan agenda grand final LKTI Mahasiswa PTK Katolik setingkat Nasional, Minggu (14/11/2021).

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bimas Katolik, Yohanes Bayu Samodro mengatakan, lomba karya tulis ilmiah ini merupakan terobosan baru dalam sejarah Bimas Katolik serta menjadi wujud dari moderasi beragama.

"Saya sangat mengapresiasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dengan tema Moderasi Beragama yang diikuti 21 PTK Katolik tingkat Nasional ini," kata Bayu dalam sambutannya saat meresmikan Grand Final LKTI di Aryaduta Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (14/11/2021)

"Ini merupakan terobosan baru dalam sejarah Bimas Katolik," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat