androidvodic.com

Jaga Prokes Ketat, Kemenkes Beri Penghargaan untuk Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik 2021 - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA  - Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan penerapan protokol kesehatan bagi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terbaik 2021.

Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat pada Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi mengatakan, tempat pengolahan pangan merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi pencegahan penyebaran Covid-19. 

Oleh karena itu, pengolahan pangan perlu diperketat pengawasan sejak hulu hingga ke hilir atau sejak dari dapur hingga siap di tangan konsumen. 

“Diperlukan upaya kerja bersama di dalam unit tempat pengolahan pangan agar prokes bisa benar-benar dijalankan,” kata Kartini dalam kegiatan virtual yang disiarkan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes, pada Rabu (17/11/1021).

 Ia mengapresiasi karena TPP yang menerima penghargaan ini telah menjalankan prosedur kesehatan dengan semaksimal mungkin.

Baca juga: Kemenkes Nobatkan Ganjar Pranowo Sebagai Gubernur Terbaik Program Penyehatan Pangan Nasional

Penghargaan TPP terbagi menjadi bermacam kategori. Selain restoran di hotel, penghargaan juga diberikan kepada TPP jasa boga golongan A, B, dan C serta golongan Rumah Makan.

Program digulirkan sejak dua tahun lalu ini diikuti oleh 135 Tempat Pengolahan Pangan dari 10 Provinsi di Indonesia.

Proses penilaian dilakukan bertahap mulai dari sosialisasi, bedah dokumen, verifikasi lapangan untuk membuktikan bahwa prokes sudah dilakukan serta melihat inovasi prokes yang sudah dikembangkan.

Penerima Penghargaan

Adapun penerima penghargaan adalah Restoran Hotel Four Season dan PT Aerofood ACS Indonesia terpilih sebagai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terbaik dalam menerapkan protokol kesehatan.

Selama masa pandemi Covid-19, kedua tempat usaha itu secara ketat menerapkan aturan dan berhasil  melakukan inovasi dalam menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Restoran di Four Season menerima penghargaan terbaik untuk kategori Restoran di Hotel diikuti oleh Swiss-Belhotel Jambi di urutan kedua dan Four Points by Sheraton kota Balikpapan Kalimantan Timur. 

 “Berbagai standar keamanan kesehatan ditetapkan dengan tujuan mendukung pariwisata Indonesia,” ujar Director of Public Relations and Marketing Communications  Four Seasons Hotel Jakarta Desiree Merlina

Sementara itu PT Aerofood ACS menyabet seluruh posisi penghargaan TPP untuk kategori jasa boga golongan C.

Aerofood adalah jasa katering yang melayani penerbangan di Indonesia. 

Posisi pertama penerima penghargaan diterima oleh Aerofood ACS unit Cengkareng, posisi kedua Aerofood ACS unit Denpasar dan posisi ketiga adalah Aerofood ACS unit Lombok. 

Standar protokol kesehatan pengelolaan pangan di rumah sakit juga menjadi salah satu yang dinilai para juri.  Instalasi Gizi RSUI Harapan Anda Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, berhasil meraih posisi pertama untuk Tempat Pengelolaan Pangan di rumah sakit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat