androidvodic.com

PKB: Pak Ganjar Diframing Seakan-akan Elektabilitasnya Paling Tinggi, Tapi Partainya Belum Ada - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid bicara soal Ganjar Pranowo yang kerap meraih elektabilitas tinggi dalam sejumlah lembaga survei.

Menurut Jazilul, meskipun survei menyebut elektabilitas Ganjar tinggi, sampai hari ini tak ada satu pun tokoh nasional yang elektabilitasnya di angka 30 persen, termasuk Ganjar.

"Itu artinya belum ada yang dominan termasuk Pak Ganjar. Jadi biasalah, Pak Ganjar diframing seakan-akan memang beliau yang paling ini, tapi kan partainya belum ada sampai saat ini," kata Jazilul kepada wartawan, Selasa (23/11/2021)..

Wakil Ketua MPR RI itu menilai tak mungkin PKB yang datang ke Ganjar untuk menawarkan kendaraan politik.

"Dia yang ngelamar ke kita. Begitu caranya. Umba-umbunya kan begitu," tandasnya.

Diketahui, dalam sebuah simulasi pasangan Capres-Cawapres di Lembaga Y-Publica, pasangan Prabowo-Puan paling diunggulkan oleh publik, bersaing ketat dengan pasangan Ganjar-Airlangga.

"Dalam simulasi terhadap pasangan capres-cawapres, Prabowo-Puan unggul tipis terhadap Ganjar-Airlangga," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Baca juga: Menurut Indonesia Survey Center, Elektabilitas Prabowo Unggul Dibanding Tokoh Lain Termasuk Sandiaga

Prabowo-Puan didukung oleh 85,6 persen, sedangkan yang tidak mendukung 12,1 persen dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 2,3 persen.

Pasangan Ganjar-Airlangga didukung oleh 84,1 persen, tidak mendukung 11,2 persen, dan tidak tahu/tidak jawab 4,7 persen.

Menurut Rudi, dukungan kuat terhadap Prabowo-Puan tidak mengejutkan, mengingat sudah cukup lama digaungkan oleh berbagai pihak.

Prabowo-Puan merepresentasikan dua kekuatan partai politik terbesar di pemerintahan, yaitu PDIP dan Gerindra.

Yang mengejutkan, kata dia, adalah pasangan Ganjar-Airlangga yang bisa mengimbangi Prabowo-Puan.

Ganjar yang merupakan kader PDIP selama ini mengantongi elektabilitas terkuat sebagai capres, tetapi PDIP lebih menjagokan Puan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat