androidvodic.com

Hari Guru Nasional, Puan Dorong Guru Honorer Dimudahkan Jadi ASN - News

News, JAKARTA - Dalam peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November, Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi jasa para guru dalam mendidik putra/putri bangsa. 

Puan juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

“Selamat Hari Guru Nasional tahun 2021 dan selamat hari ulang tahun ke-76 PGRI. Bangkit guruku, maju negeriku,” kata Puan, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: HGN 2021, Mendikbudristek: Guru Tetap Nyalakan Obor Perubahan di Tengah Pandemi Covid-19 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu bersyukur kini kesejahteraan guru berangsur membaik. 

Meski begitu, Puan mengingatkan masih banyak guru yang belum mendapatkan kesejahteraan layak, khususnya guru-guru honorer.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka adalah perjuangan tanpa batas yang tak kenal kata menyerah. Maka sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru,” tuturnya.

Puan pun berharap agar nasib guru honorer lebih diperhatikan lagi, khususnya bagi para guru yang telah lama mengabdi. 

Inilah kumpulan link twibbon Hari Guru Nasional 2021.
Inilah kumpulan link twibbon Hari Guru Nasional 2021. (twibbonize)

Ia mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan afirmasi terhadap guru honorer yang mengikuti seleksi aparatur sipil negara (ASN) dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Namun, Puan berharap afirmasi tersebut semakin ditambah, agar proses pengangkatan para guru honorer yang sudah lama mengabdi, bisa dipercepat.

“Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita,” sebut Puan.

Tambahan afirmasi dalam seleksi PPPK, dinilai Puan, akan menjadi bentuk penghargaan negara terhadap dedikasi guru honorer.

Sebab seperti diketahui, kesejahteraan guru-guru honorer terbilang masih sangat kecil.

“Banyak sekali kita dengar bagaimana perjuangan guru-guru honorer, khususnya di daerah pelosok negeri, yang gajinya bahkan tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya,” ujar Puan.

Mantan Menko PMK itu meminta pemerintah segera merealisasikan komitmen untuk memberikan kesejahteraan yang merata kepada seluruh guru. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat