androidvodic.com

Puskapol UI: Hasil Tes CAT Tak Bisa Diakses Peserta Calon Anggota KPU-Bawaslu - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Peneliti Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI), Delia Wildianti membeberkan hasil pemantauan pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT), penulisan makalah dan tes psikologi calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, pada 24-25 November 2021.

Salah satu yang disoroti adalah hasil tes CAT yang tidak dapat diakses secara langsung oleh peserta.

"Hasil tes CAT tidak dapat diakses oleh peserta secara langsung," kata Delia dalam diskusi publik 'Keterbukaan Informasi Catatan Hasil Pemantauan Tes Tertulis, Makalah dan Psikologi' secara daring, Jumat (26/11/2021).

Padahal menurutnya tes CAT untuk seleksi nasional merupakan kemajuan yang mulai diterapkan. Sebab pada seleksi calon penyelenggara Pemilu periode lalu, tes CAT masih belum digunakan.

Namun tes CAT tersebut hanya sebatas memudahkan peserta, dan mempercepat pengolahan hasil. Sementara percepatan akses peserta mengetahui hasilnya, tidak diterapkan.

"Beda halnya tes CAT di level provinsi kabupaten kota, mereka bisa langsung mendapatkan skor ketika selesai mengerjakan tes. Kalau di level nasional peserta justru tidak memperoleh hasilnya, sehingga mereka tidak bisa mengukur, mengevaluasi sejauh mana kemampuan mereka," ungkapnya.

"Karena seharusnya tahapan tes CAT ini jadi salah satu tahapan yang obyektif," lanjut Delia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat