androidvodic.com

Komnas HAM Dorong Indonesia Jadi Model Terbaik Bagi Wacana dan Praktik Islam dan Hak Asasi Manusia - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bersamaan dengan perayaan hari HAM sedunia ke-73 hari ini, Komnas HAM dan Menteri Agama bersama-sama akan menyelenggarakan konferensi Internasional Islam dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Konferensi tersebut digelar pada tanggal 10 dan 11 Desember 2021. 

Taufan mengatakan langkah tersebut penting untuk menegaskan bahwa tidak ada dikotomi antara nilai-nilai hak asasi manusia dengan nilai dan ajaran Islam sebagaimana juga nilai demokrasi dan Islam.

Selain itu, langkah tersebut juga penting sebagai tanda inisiatif bangsa Indonesia untuk mendorong dunia Islam berkontribusi pada perkembangan pikiran-pikiran hak asasi manusia di dunia. 

Hal tersebut disampaikannya dalam laporannya di depan Presiden Joko Widodo dan pejabat negara saat Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-73 yang disiarkan di kanal Youtube Humas Komnas HAM RI pada Jumat (10/12/2021).

"Indonesia mesti menunjukkan kepemimpinan internasional terutama di antara negara-negara dengan penduduk muslim yang besar dan mesti menjadi model terbaik bagi wacana dan praktik Islam dan hak asasi manusia yang berperan penting bagi kemajuan peradaban modern, yang religius, menghormati nilai kemanusiaan, keadilan, keterbukaan, dan kesetaraan," kata Taufan.

Baca juga: Ketua Komnas HAM: Kekerasan Aparat Masih Jadi Catatan Penting Situasi HAM di Indonesia

Karena itu, lanjut dia, sudah semestinya peringatan 10 Desember sebagai hari HAM adalah momentum revolusioner perubahan pemikiran, kebijakan, dan sikap kita semua baik negara masyarakat bahkan tiap individu.

Baca juga: Di Depan Presiden, Komnas HAM Minta Dilibatkan Dalam Perbaikan UU Cipta Kerja

Perubahan tersebut, lanjut dia,  yakni dengan secara bersama-sama bahu membahu dengan semangat solidaritas nasional bahkan internasional memperjuangkan harkat dan martabat manusia, nilai-nilai keadilan, dan demokrasi menjadi napas setiap gerak bagi semua.. 

"Indonesia yang jaya adalah masa depan bagi kita semua di mana nilai-nilai kemanusiaan dijunjung tinggi, dihormati dan dilindungi," kata Taufan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat