androidvodic.com

Membandingkan Anies Baswedan, Ganjar, dan Prabowo di Lima Survei Capres, Siapa yang Lebih Unggul? - News

News, JAKARTA - Meski Pilpres 2024 masih jauh, setidaknya sudah mulai terlihat siapa yang kira-kira berpeluang di kontestasi pemilihan presiden nanti.

Sejauh ini, nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan selalu berada di tiga teratas dalam berbagai hasil survei.

Elektabilitas ketiga tokoh ini kerap berada di atas calon-calon lain, sebut saja seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maupun Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Berikut Tribunnews coba merangkum hasil elektabilitas ketiga tokoh itu dalam lima survei terakhir.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil temuan terbarunya terkait dengan peta elektoral sosok calon presiden ( capres ) jelang Pemilu 2024 mendatang.

Survei digelar pada periode 2-6 November 2021 melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun dengan rincian sampel basis 1.220 orang dan oversample 800 responden.

Metode survei menggunakan metode simple random sampling. Ukuran sampel basis memiliki toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Apa hasil yang ditemukan dalam survei ini? Kira-kira, pemilih Jokowi selama ini akan memberikan suaranya kepada siapa?

Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi yang teratas dalam surveinya.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa dalam survei ini, lembaganya melakukan sejumlah simulasi terhadap sejumlah nama calon yang digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap KPK Merosot, TNI dan Polri Teratas

Dia menyebut nama Prabowo selalu unggul di setiap simulasi yang dilakukan.

"Jadi kami belum menemukan kata bahwa Pak Prabowo ada di bawah nama Ganjar atau Anies," kata Burhanuddin dalam rilis surveinya secara daring, Minggu (5/12/2021).

Ia mengungkapkan, pada simulasi 10 nama pejabat politik, Prabowo Subianto unggul dengan angka 26,9 persen di atas Ganjar Pranowo (23,2 persen) yang dominan responden pemilihnya merupakan pemilih Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat