androidvodic.com

KSAD Jenderal Dudung Terima Brevet Kehormatan dan Baret Merah, Janji Prioritaskan Prajurit Kopassus - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penyematan brevet kehormatan dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Penyematan diberikan Danjen Kopassus, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa dilakukan di Markas Komando Kopassus Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Selasa (21/12/2021).

"Saya mendapat Brevet kehormatan, Brevet Para Utama, Brevet Komando, kemudian Brevet Anti Teror, pisau komando emas dan baret merah," kata Dudung di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021).

Dudung mengaku bangga bisa mendapat tiga Brevet kehormatan, pisau komando emas, dan baret emas yang menandakan dia diterima dalam keluarga besar korps baret merah.

Pasalnya tidak semua prajurit TNI dapat menerima Brevet kehormatan dari satuan Kopassus karena harus memenuhi kualifikasi yang harus didapat lewat serangkaian pelatihan.

"Sudah saya lewati beberapa latihan yang dilaksanakan oleh prajurit-prajurit komando termasuk prajurit Kopassus Anti Teror. Ini sudah sebagian saya lewati dan memang latihan sangat berat," ujarnya.

Baca juga: KSAD Beri Wejangan Tentang Kepemimpinan Saat Lantik 999 Perwira Lulusan Diktukpasus TNI AD

Proses penyematan Brevet ini diawali dengan Dudung mengikuti serbuan gedung di Sat-81 Kopassus, menembak runduk dari atas gedung, patroli, serbuan ruangan pesawat.

Kemudian menaiki tali hesti, menuju lapangan delta mengatasi rintangan bahaya ular, patroli lagi mendapat gangguan dan dibantu anjing pelacak, lempika lempar pisau, serangan regu komando Unit-81, eksfiltrasi.

Dudung juga menyaksikan atraksi terjun payung yang dilakukan enam prajurit Kopassus, yakni Serka Margono yang mengibarkan bendera Kopassus, Sertu Ikbal mengibarkan bendera Kartika Eka Paksi.

Lalu Sertu Sirojul yang mengibarkan bendera merah putih, Sertu Sangaji, Sertu Kowad Siwi, dan Serda Kowad Safira yang membawa tiga Brevet kehormatan, baret merah, dan pisau komando emas.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat berfoto bersama dengan jajaran Kopassus di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021).
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat berfoto bersama dengan jajaran Kopassus di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Dudung menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit Kopassus agar tidak pernah lelah berlatih meningkatkan kemampuan, serta membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai kesulitan.

"Saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat akan meningkatkan profesionalisme prajurit, dari segi pembinaan. Khususnya prajurit Kopassus sehingga pada nantinya personel sarana, prasarana akan menjadi prioritas utama," tuturnya.

Artikel ini sudah pernah tayang di TribunJakarta dengan judul Penerjun Kowad Kopassus Antarkan Tiga Brevet Kehormatan untuk KSAD Dudung Abdurachman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat