androidvodic.com

Menko PMK: Kecerdasan Buatan Tak Akan Mengalahkan Manusia - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tak bisa mengalahkan manusia.

Sehebat-hebatnya AI, kata Muhadjir, tetap kalah dengan kecerdasan manusia yang diciptakan Tuhan.

“Bagaimanapun cerdasnya kecerdasan buatan (AI) tidak akan mengalahkan kecerdasan manusia. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang mewarisi sifat kreator atau pencipta, sedangkan yang namanya kecerdasan buatan sangat tergantung programmer. Nggak ada kemudian dia kreatif menciptakan sendiri. Inilah perbedaannya,” kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Muhadjir menilai yang paling penting dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman adalah dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas dari sumber daya manusia (SDM), terutama kemampuan masing-masing individu di bidang teknologi.

Menurutnya, perguruan tinggi dalam hal ini memegang peranan penting untuk dapat menghasilkan SDM yang berkualitas.

Baca juga: Sebut Jokowi Pemimpin Luwes, Menko PMK Banggakan Kebijakan Pemerintah Tak Pilih Lockdown

Perguruan tinggi juga termasuk yang terdepan dalam pemajuan bidang teknologi digital untuk membangun peradaban bangsa.

“Dalam bidang ekonomi, revolusi industri 4.0 adalah fondasi awal dalam pembangunan ekonomi. Bagaimana kita dituntut mempercepat transformasi digital di bidang ekonomi," kata Muhadjir.

"Saya mohon perguruan tinggi ikut terlibat dalam mengiringi, mengejar, dan mendahului proses transformasi teknologi digital ekonomi di Indonesia," ujar Muhadjir.

Baca juga: Menko PMK: Perang Melawan Stunting Libatkan Kekuatan Rakyat Semesta 

Dirinya meminta perguruan tinggi terus memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa Indonesia terutama di bidang transformasi teknologi digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat