androidvodic.com

Pemerintah Sebut Indonesia Telah Capai Target Vaksin Covid-19 Sesuai Rekomendasi WHO - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi jika Indonesia telah capai target vaksinasi Covid-19 sesuai rekomendasi WHO.

"Jadi kalau target 40 persen sudah tercapai, di akhir November untuk negara kita. Saat ini mencapai dosis kedua dari target 208 juta sudah 52 persen, atau 108 juta," ungkap pada siaran Radio MNC Trijaya, Sabtu (25/12/2021).

Namun di sisi lain, saat ini memang ada penambahan target usia 6-11 tahun yaitu sebesar 26,4 juta.

Salah satu menjadi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi pada anak adalah cakupan dari dosis pertama, pada seluruh sasaran minimal 70 persen.

Baca juga: Di Luar Negeri Cakupan Vaksin Tinggi tapi Kasus Penularan Juga Meningkat, Apa Penjelasan WHO?

"Jadi kalau target insyaallah menurut WHO sudah tercapai dosis kedua lengkap. Sementara dosis pertama 154 juta. Atau 74 persennya. Jadi ada 26 persen lagi masyarakat," kata Nadia menambahkan.

Walau begitu di tahun ini Indonesia mempunyai harapan capaian di akhir tahun ada sekitar 80 persen dosis pertama yang akan diberikan pada target vaksin.

Baca juga: Vaksinasi Ceria untuk Anak Usia 6-11 Tahun Digelar di Sekolah Islam Al-Hamidiyah

Kemudian untuk dosis kedua, pemerintah berharap capai vaksin mencapai sebanyak 60 persen. Namun saat ini posisinya masih di 52 persen. 

"Artinya masih 8 persen lagi. Kalau melihat waktu sudah minggu terakhir. Sepertinya tidak mencapai angka tersebut," pungkas Nadia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat