androidvodic.com

Retno Marsudi Bongkar Pencetus Tema Presidensi G20 RI ‘Recover Together Recover Stronger’ - News

News, JAKARTA – Indonesia memakai tema atau tagline ‘Recover Together, Recover Stronger’ dalam penyelenggaraan presidensi G20.

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi membongkar pencetus tagline ini kepada Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dalam wawancara khusus di Gedung Pancasila, kantor Kemlu RI, Jakarta, Jumat (21/1/2021).

Retno mengatakan tagline tersebut dicetuskan oleh tim di pemerintahan melalui sebuah proses diskusi.

“Jadi enaknya bekerja dengan pak Jokowi itu kan kita tidak ada hambatan komunikasi. Setia pada isu kemudian kita diskusi dengan beberapa Menteri kemudian kita debatkan,” kata Retno.

Menlu RI membantah kalau tagline tersebut merupakan hasil dari pemikiran perorangan.

“Setelah semua kita debatkan, kemudian kita rumuskan menjadi taglinenya Recover Together Recover Stronger,” lanjutnya.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi Ungkap Sosok Presiden Jokowi Saat Berdiplomasi: Beliau Suka Bicara Hal Konkret

Menlu Retno menjabarkan ada 3 anak kata dalam tagline tersebut, yakni Recover - Together -Stronger, yang inti dan tujuannya adalah pemulihan.

“Kalau kita berbicara Recover Together, Recover Stronger itu kan enak di telinga, tapi sebenarnya bukan masalah enak di telinga, masalah yang lebih penting adalah maknanya,” ujar Retno.

Retno menjelaskan bahwa pemulihan yang dimaksud adalah pemulihan yang inklusif bagi semua negara, termasuk bagi negara berkembang dan dibawahnya.

Menurutnya pemulihan pasca pandemi tidak bisa dan tidak boleh hanya terjadi di beberapa negara maju, sementara gap antara negara maju dan berkembang justru semakin besar.

“Untuk mencapai pemulihan yang inklusif ini maka ‘togeher’, kerja sama, bersama-sama. Kalau kita bekerja sama untuk mencapai pemulihan yang inklusif maka kita akan menjadi lebih kuat.

Oleh karena itu makna ‘Recover Together, Recover Stronger’ menurutnya adalah makna yang sederhana akan tetapa syarat dan sangat tinggi artinya bagi pemulihan dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat