androidvodic.com

Kemenkes Perketat Testing dan Tracing, Kasus Mingguan Covid-19 Meningkat - News

News - Kasus konfirmasi harian Covid-19 terus terjadi kenaikan dalam satu minggu terakhir.

Angka kasus harian mencapai 12.422 per 31 Januari 2022.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus meningkatkan upaya testing dan tracing sebagai bentuk usaha deteksi dini, seperti yang dilaporkan dalam laman Kemenkes.

Terkait kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 tersebut, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, membenarkan terjadinya kenaikan positivity rate dalam seminggu terakhir.

Baca juga: Temuan 2 Kasus Covid di SMAN 6 Tambun Selatan, 1000 Siswa, Guru dan Karyawan Jalani Swab PCR

Positivity Rate Mingguan Naik

Positivity rate mingguan kita ada kenaikan sebesar 3,65 persen. Hal ini selain seiring dengan kenaikan kasus konfirmasi, tapi juga sejalan dengan ditingkatkannya angka testing dan tracing,” ujar dr Nadia.

Nadia juga mengimbau untuk mendapatkan data yang komprehensif, sebaiknya data perkembangan Covid-19 dilihat dalam 7 hari terakhir, sehingga tidak hanya fokus pada data harian.

“Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 4805 agar kita dapat melihat perkembangannya dalam 7 hari dan tidak terfokus dengan data harian saja."

"Hal ini agar kita dapat melihat data secara utuh sehingga dapat memperoleh informasi yang tepat,” tambah Nadia.

Peningkatan Testing dan Tracing

Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test) PCR kepada warga di Krukut, Taman Sari, Jakarta, Senin (10/1/2021). Ditargetkan sebanyak 500 warga mengikuti tes usap massal Covid-19 usai ditemukannya 36 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, hingga membuat 4 RT melakukan micro lockdown. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
(ilustrasi) Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test) PCR kepada warga di Krukut, Taman Sari, Jakarta, Senin (10/1/2021). Ditargetkan sebanyak 500 warga mengikuti tes usap massal Covid-19 usai ditemukannya 36 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, hingga membuat 4 RT melakukan micro lockdown. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kenaikan positivity rate ini menunjukan kemampuan deteksi Indonesia dalam hal testing dan tracing.

Jumlah orang yang di tes adalah 5,75 per 1000 penduduk per minggu (per tanggal 30 Januari 2022).

Angka ini jauh diatas angka anjuran WHO, yaitu 1 per 1000 penduduk per minggu.

“Peningkatan kuota testing dan tracing ini merupakan bentuk dari upaya deteksi dini dalam mencegah perluasan penularan, serta mencegah munculnya klaster sebaran yang baru."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat