androidvodic.com

Ganjar Pranowo: FSB 2022 Pintu Awal Mempelajari Sains dan Budaya - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai sains dan budaya menjadi unsur penting peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) 2022.

Ganjar menilai Festival Sains dan Budaya (FSB) 2022 menjadi tonggak pendalaman sains dan budaya.

"FSB 2022 adalah awal mula keseriusan peserta untuk mempelajari serta mendalami sains dan budaya," ujar Ganjar melalui keterangan tertulis, Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Minta Kemenhub Terus Sosialisasi Larangan Truk ODOL  

Hal tersebut diungkapkan oleh Ganjar dalam acara penutupan dan pemberian hadiah pemenang FSB 2022.

FSB yang ke-4, acara ini mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI).

Sementara itu, Presiden ISPO Riri Fitri Sari mengatakan FSB 2022 mendorong para peserta mampu berkreasi.

Selain itu, ajang ini mampu meningkatkan kemampuan para peserta berinovasi tanpa batas.

"Meningkatkan kemampuan melakukan penelitian dan juga meningkatkan kemampuan menghargai seni dan budaya. Penggabungan ini dapat makin kreatif dan inovatif," ucap Riri.

Sementara Presiden OSEBI Liliana mengatakan penyatuan kegiatan ini memungkinkan peserta menyelaraskan serta mengasah otak kiri dan otak kanan.

"FSB bertujuan mempertemukan anak anak dari bernagai provinisi dengan segala kebinekaan. Berinteraksi dalam satu keluarga NKRI," tutur Liliana.

Baca juga: Ketua Umum FSB Yakini Pemerintah Inginkan NU Utuh

Dalam acara penutupan tersebut, diumumkan para pemenang dan peraih medali berdasarkan kategori masing-masing.

ISPO tahun ini memperlombakan 6 kategori yaitu: Lingkungan, Teknologi dan Robotika, Komputer, Fisika, Biologi, dan Kimia.

Sedangkan OSEBI memperlombakan 6 kategori yaitu: Menyanyi Solo, Penampilan Puisi, Tari Kreasi Nusantara, dan Menulis Cerpen, Menulis Esai, dan Menulis Puisi.

Selain mendapatkan hadiah, para pemenang FSB 2022 juga memiliki kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang-ajang Internasional seperti ASPC di Thailand dan GENIUS di Amerika Serikat.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat