androidvodic.com

Peringatan Dini BMKG Minggu 6 Maret 2022: Hujan Lebat Disertai Angin Melanda 28 Wilayah - News

News - Berikut ini peringatan dini BMKG terkait cuaca ekstrem Minggu (6/3/2022), besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

Diperkirakan, sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Sabtu (5/3/2022), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat bagian utara, di sebelah utara perairan Maluku Utara dan di wilayah Nusa Tenggara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di pesisir barat Sumatera Utara hingga Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan di Jawa Timur.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari perairan selatan Bali hingga Lombok, NTT, Sulawesi Tengah, Pulau Buru hingga pulau Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Baca juga: Info Cuaca BMKG Minggu 6 Maret 2022: Waspada Hujan Mengguyur 31 Wilayah

Serta daerah konfluensi terpantau dari perairan barat Lampung hingga Laut Jawa bagian barat, Kalimantan bagian selatan dan di Maluku bagian tenggara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Minggu (6/3/2022):

Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Jambi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat