androidvodic.com

5 Langkah Sederhana untuk Dukung Kelestarian Hutan - News

News, JAKARTA - Setiap tahunnya, tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia.

Tanpa disadari, hutan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, mulai dari sumber air yang diminum, bahan utama buku yang digunakan untuk menulis, hingga penyokong bangunan rumah dan tempat tinggal.

Begitu besarnya peranan hutan, ternyata tidak sebanding dengan timbal balik yang diberikan manusia dalam merawat hutan.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya para pecinta alam untuk senantiasa menjaga kelestarian hutan.

Hal itu dikatakan Alue Dohong mengingat pentingnya fungsi hutan sebagai sarana kesehatan jasmani dan rohani masyarakat atau forest healing.

"Kami ingin di samping melindungi kawasan konservasi tapi kami juga ingin bahwa manusia bisa menikmati alam," kata Alue Dohong saat mendatangi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cianjur, Jawa Barat.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa langkah sederhana namun tetap berdampak dalam melestarikan hutan berikut ini:

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Seperti yang kita ketahui, kertas dan tisu yang rutin kita gunakan setiap hari berasal dari batang pohon. Untuk itu, mengurangi penggunaan kertas dan tisu dapat menekan proses penebangan pohon di hutan.

Cara lainnya, bisa dengan menggunakan kertas daur ulang ataupun kain yang dapat dicuci agar mengurangi penggunaan sekali pakai.

Baca juga: Terapi Mandi Hutan di Tengah Kota Metropolitan

2. Menanam Pohon untuk Reboisasi Hutan

Setiap tahunnya, jumlah pohon di hutan semakin berkurang. Salah satu langkah kecil dan berdampak yang bisa dilakukan adalah dengan menanam pohon, bisa dimulai dari tempat tinggal masing-masing.

Bisa juga dilakukan dalam skala yang lebih besar, dengan berkumpul bersama komunitas untuk menanam dan menyebarkan bibit pohon, misalnya.

3. Mengelola Sampah dan Limbah yang Dihasilkan

Untuk memastikan agar ekosistem hutan tetap terjaga, pengelolaan sampah dan limbah turut perlu untuk diperhatikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat