androidvodic.com

Dianggap Berhasil Selenggarakan IPU Ke-144 di Bali, Indonesia Mendapat Apresiasi dari Parlemen Dunia - News

News, BALI - Penyelengaaraan sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali mendapat respon positif di mata para delegasi negara lain yang hadir dalam acara tersebut.

Peserta sidang IPU menaruh apresiasi terhadap Indonesia sebagai tuan rumah yang dianggap sukses menyelenggarakan event berstandar internasional di tengah pandemi Covid-19.

Diplomasi dan kepemimpinan Indonesia juga menjadikan para delegasi parlemen dari berbagai negara ini ingin meningkatkan kerja sama dengan parlemen Indonesia.

Mereka ingin datang kembali berkunjung ke Indonesia suatu hari nanti dikarenakan keindahan alam dan keramahan masyarakatnya.

Dalam pidato penutupan IPU ke-144, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Indonesia selaku tuan rumah memberi pesan penting tentang peran positif parlemen.

"Indonesia memberi pesan penting dalam permasalahan perubahan iklim, krisis global, HAM, perdamaian dunia, dan menghasilkan sebuah mediasi penyelesaian perang di Ukraina, serta, saya ucapkan terimakasih atas kedatangan para anggota IPU dalam sidang di Nusa Dua Bali," kata Puan Maharani saat pidato penutupan, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: IPU ke-144 di Bali Sepakati Dua Resolusi dan Satu Emergency Item

Delegasi Parlemen Meksiko, Cyhthia Iliana López Castro memuji Pidato Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat pembukaan Sidang Umum IPU.

Indonesia dinilai telah menunjukkan diri sebagai negara yang sangat peduli dengan pandemi Covid-19, kesetaraan gender, perubahan iklim dan krisis di Ukraina.

Cynthia merupakan Anggota Dewan IPU Parlemen Muda dan Anggota Parlemen Meksiko.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan Sidang IPU ke-144, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Sidang IPU Ke-144 Bali Diharapkan Bisa Menstimulus Peningkatan Ekonomi Global

Mulai dari persiapan kegiatan, jalannya persidangan hingga kepulangan para delegasi menjadi perhatian panitia penyelenggara.

Pelaksanaan sidang juga semuanya memenuhi standar internasional, namun dengan tidak menghilangkan seni dan budaya Indonesia.

Hal tersebut ternyata melekat di dalah hati para para peserta.

Bhartruhari Mahtab, anggota parlemen dari India, disela-sela persidangan IPU menyebut bahwa sebagai tuan rumah pelaksanaan forum parlemen global ini, Indonesia sangat memenuhi standar internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat