androidvodic.com

Bappenas Siapkan Portal Satu Data Indonesia untuk Benahi Tata Kelola - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Pemerintah saat ini terus membenahi tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik dan efektif. Hal itu guna mempermudah perencanaan pembangunan serta pengambilan kebijakan berdasarkan data.

Kementerian PPN/Bappenas saat ini tengah membangun platform untuk mengkolaborasikan seluruh data yang ada mulai dari desa, pemerintahan kota, kabupaten, provinsi hingga ke instansi pusat dalam sebuah portal Satu Data.

Perumusan kebijakan yang efektif memerlukan data yang akurat, dapat dipercaya, akuntabel, mudah diakses dan bisa dioperasikan oleh siapapun yang memiliki otoritas.

Data berkualitas sangat penting bagi pemerintah dalam mewujudkan kebijakan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Baca juga: Tanda-tanda Datangnya Lailatul Qadar dan Apa Saja Keistimewaannya Bagi Umat Islam?

"Portal Satu Data memegang peran krusial dalam bagi pakai data, baik bagi pakai data antar instansi untuk terwujudnya data dan layanan pemerintahan yang terintegrasi, maupun dibagi pakaikan pada masyarakat pengguna layanan.

Dengan cara memudahkah dalam mengakses, sehingga pemanfaatan layanan pemerintah melalui Portal Satu Data Indonesia menjadi efektif," ujar Menteri PPN Suharso Monoarfa.

Dia menjelaskan, Portal Satu Data Indonesia akan menjadi wajah pertama dan utama bagi data di tanah air. Melalui fitur open data yang tersedia pada Portal Satu Data Indonesia, masyarakat dapat memanfaatkan data dengan klasifikasi bersifat terbuka yang bisa dikonsumsi publik.

Menteri PPN juga menyampaikan, Portal Satu Data Indonesia telah didesain dengan mengedepankan kenyamanan bagi penggunanya melalui fitur yang mudah, aman dan professional.

Suharso juga menekankan, penyebarluasan data merupakan salah satu tahapan krusial dalam mendukung terciptanya bagi pakai data lintas instansi pemerintah pusat dan daerah.

"Dalam mewujudkan data yang berkualitas, prinsip-prinsip satu standar data, satu metadata baku dan kode referensi atau data induk harus dipenuhi. Kaidah interoperabilitas data juga harus dipenuhi," ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Selasa (26/4/2022).

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Taufik Hanafi menambahkan, Portal Satu Data Indonesia mempunyai peran penting dalam melakukan diseminasi data dan informasi.

Baca juga: Bappenas: MP3 jadi Wadah Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan

Portall ini dirancang agar lebih mudah diakses, lebih friendly dan yang tidak kalah penting kualitas kredibilitas datanya. Pengembangan Portal Satu Data Indonesia merupakan langkah yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia. S

edangkan penyelenggaraan talkshow bertujuan menyiapkan peluncuran Portal Satu Data Indonesia. Sebagai bagian dari tahapan menuju Grand Launching Portal Satu Data Indonesia yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Baca juga: 10 Tahun Benhur Tomi Mano Pimpin Jayapura, Ini Capaian 5 Bidang Prioritas Pembangunan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat