androidvodic.com

Menkumham Sebut Kekayaan Intelektual Upaya untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyatakan kalau Kekayaan Intelektual memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Hal tersebut disampaikan Yasonna dalam Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

"Banyak negara maju yang bergantung pada kekayaan intelektual yang dimiliki, mulai dari Jepang, Korea, hingga Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara maju di Eropa," kata Yasonna dalam acara tersebut.

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan pembangunan ekonomi berbasis Kekayaan Intelektual sangat bergantung pada ekosistem kekayaan intelektual yang terdiri dari 3 elemen.

Baca juga: Yasonna Sebut Revisi UU Narkotika akan Kurangi Kelebihan Kapasitas Lapas

Adapun elemen yang dimaksud yakni kreasi, proteksi, dan utilisasi.

Elemen kreasi sendiri, kata Yasonna, merupakan bahan bakar dari ekosistem Kekayaan Intelektual.

"Elemen ini berperan dalam menghasilkan kreasi Kekayaan Intelektual yang kreatif dan inovatif," ucap Yasonna.

Selanjutnya, elemen proteksi yang disebutnya sebagai minyak pelumas atau oli dari ekosistem Kekayaan Intelektual.

Adapun fungsinya menurut Yasonna, memperlancar proses pelindungan terhadap inovasi dan kreativitas melalui perolehan, penegakan hak dan pengelolaan Kekayaan Intelektual.

Sedangkan elemen utilisasi sebagai mesin dari ekosistem Kekayaan Intelektual yang berperan dalam memproduksi dan memasarkan produk Kekayaan Intelektual.

"Keberhasilan dan kelancaran dalam siklus ekosistem Kekayaan Intelektual akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Menkumham) Yasonna H Laoly meminta kepada para pekerja UMKM hingga pemilik karya di Indonesia untuk segera mendaftarkan produk atau hasil karyanya.

Hal itu penting dilakukan kata Yasonna guna mendapatkan Hak Kekayaaan Intelektual dari setiap karya yang dihasilkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat