androidvodic.com

H-5 Lebaran: Pemudik Terus Padati Pelabuhan Merak Sejak Rabu Dini Hari - News

News, JAKARTA - Arus mudik Lebaran Idul FItri 2022 melalui Pelabuhan Merak Dermaga Eksekutif dan Reguler sudah mulai ramai pada H-5 Lebaran 1443 Hijriah, Rabu (27/4/2022).

Hal itu terlihat sepanjang Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) dini hari, pelabuhan ini telah menyeberangkan 24.298 penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pantauan Wartakotalive.com (Tribun Network), Rabu (27/4/2022) pagi hampir semua pintu dermaga terisi penuh.

Kemacetan Parah Terjadi di Pelabuhan Merak

Semenatara itu dilaporkan pula, pemudik asal Jakarta tujuan Padang, Sumatera Barat, Doni Ismanto mengeluhkan arus lalu lintas yang macet menuju Pelabuhan Merak dari Gerbang Tol Merak, Banten. 

Doni menjelaskan, perjalanan ke Pelabuhan Merak dari Jakarta dimulai pada pukuk 06.30 WIB dan keluar dari Gerbang Tol Merak sekitar pukul 09.30 WIB.

"Sejak keluar gerbang Tol Merak itu sudah macet dan sekarang pulul 11.30 WIB baru sampai Rumah Makan Simpang Raya," kata Doni yang merupakan Founder IndoTelko Forum saat dihubungi, Rabu (27/4/2022).

Kondisi macet menuju ke Pelabuhan Merak dari Gerbang Tol Merak
Kondisi macet menuju ke Pelabuhan Merak dari Gerbang Tol Merak (dok Doni Ismanto)

Menurutnya, jarak pintu keluar Gerbang Tol Merak hingga lokasinya saat ini sekitar 3 kilo meter dibutuhkan waktu tempuh 3 jam dengan kondisi di luar panas. 

"Ini masih belum sampai Dermaga Eksekutif, dan pastinya bakal antre lagi di sana. Macetnya parah, padahal kan belum puncak mudik juga," kata Doni. 

Doni pun berharap pengelola pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan petugas terkait segera melakukan penguraian kemacetan agar mudik menjadi lebih nyaman dan aman.

"Beberapa hari lalu berita itu macet mau ke Pelabuhan Merak dan mereka bilang sudah bisa mengantisipasinya tapi sekarang macet lagi," ucapnya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat