androidvodic.com

Arus Balik Lebaran 2022: Pemudik Kaget Tiket Pelabuhan Panjang Lebih Mahal Ketimbang di Bakauheni - News

News, BANDAR LAMPUNG - Pelabuhan Panjang dioperasikan menjadi alternatif untuk memecah kepadatan arus balik lebaran 2022.

Pemerintah telah menyediakan layanan penyeberangan alternatif Lebaran 2022 itu dengan tarif Rp 54.500 untuk motor dan untuk mobil Rp 419 ribu.

Kenyataannya harga tiket di Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni berbeda.

Lebih mahal harga tiket di Pelabuhan Panjang.

Pemudik kendaraan bermotor di Pelabuhan Panjang kena biaya Rp 75 ribu. Selisih sekitar Rp 20.500 dari tiket di Pelabuhan Bakauheni yang hanya Rp 54.500 untuk sepeda motor. 

Lalu untuk kendaraan mobil selisih lebih mahal Rp 16 ribu. Harga tiket kapal di Pelabuhan Panjang untuk mobil Rp 435 ribu. Sedangkan di Pelabuhan Bakauheni Rp 419 ribu.

Atas kondisi tersebut sejumlah pemudik mengeluh. Satu diantaranya, Dedi mengaku kaget karena pada saat melihat aplikasi tarifnya hanya Rp 54.500 . Namun pada saat hendak membayar ditagih Rp 75 ribu.

"Kaget berbeda dari biasanya harga Rp 75 ribu, dan lumayan selisihnya, dan tahunya awalnya Rp 54.500 ini juga pakai motor Vario," kata Dedi.

Dedi terpaksa membayar Rp 75 ribu karena sudah terlanjur berada di Pelabuhan Panjang.

Ia pun menceritakan baru pertama kali ini menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Panjang. Dedi dari mudik ke Talang Padang Tanggamus hendak ke Tangerang.

Menurutnya turun ke Pelabuhan Ciwandan  lumayan jauh ke Tangerang.  Jarak tempuhnya ada sekitar 5 jaman.

Suryono, yang hendak ke Jakarta juga heran dengan harga  tiket di Pelabuhan Panjang, yang lebih tinggi dari Pelabuhan Bakauheni. 

Namun dia tidak mempersoalkan karena lokasi Pelabuhan Panjang lebih dekat. 

"Tapi tidak apa-apa hitung-hitung beli bensin saya ke Bakauheni, awalnya katanya Rp 54.500 tapi kenyataannya Rp 75 ribu," kata Suryono

Baca juga: Kapolri Siapkan Strategi Urai Kepadatan di Jalan Tol dan Pelabuhan Bakauheni

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat