androidvodic.com

Arus Balik Lebaran: Kapasitas Jumbo, KM Ciremai di Pelabuhan Panjang Siap Tampung Dua Ribu Penumpang - News

News, BANDAR LAMPUNG - KM Ciremai di Pelabuhan Panjang disiapkan menjadi alternatif untuk melayani arus balik lebaran 2022.

Kapasitas KM Ciremai bisa memuat sampai 2.000 orang.

KM Ciremai bakal melayani lintasan Panjang – Ciwandan, Banten.

Direktur Utama PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) Tri Andayani mengatakan, waktu tempuh dari Panjang-Ciwandan sekira 3,5 jam.

 "KM Ciremai ini dapat memuat kurang lebih 1.500 sepeda motor kalau full, dan mobil bisa menampung 70 unit.”

“Kalau kapasitas penumpang bisa mencapai 2.000 orang," kata Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani saat diwawancarai Tribun Lampung, Rabu (5/4/2022).

KM Ciremai merupakan kapal yang melayani multi port, sehingga memiliki fasilitas tempat tidur yang bisa digunakan untuk tempat duduk penumpang.

Untuk pembelian tiket dilakukan secara online, seperti halnya yang diterapkan ASDP.

“Tetapi sepenuhnya tiketing ini dikordinasikan oleh manajemen ASDP, dan Pelni hanya menyediakan akomodasi kapalnya saja,” ungkap Tri.

Ditambahkannya, KM Ciremai akan membantu pelayanan arus balik mudik lebaran dengan lintasan Panjang – Ciwandan, Banten hingga 7 Mei mendatang.

Setelah itu, akan kembali ke Surabaya. Karena pada 9 Mei mendatang harus melayani arus balik mudik gratis sepeda motor yang sudah terdaftar 1.800 penumpang dan motor 900 unit.

"Kalau di Lampung ke Banten melalui Pelabuhan Panjang ini tidak gratis, yang kita sediakan hanya 1 kapal saja untuk membantu mengurai arus balik dari Sumatera ke Pulau Jawa," ucap Tri.

Menurutnya, KM Ciremai mampu melakukan pelayanan 3 trip setiap harinya.

Dirinya sebagai pimpinan di Pelni mengingatkan kepada nahkoda kapal Capten Komarudin untuk berhati-hati dijalan laut di jalur Selat Sunda yang cukup padat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat