androidvodic.com

Penyakit Hepatitis Akut pada Anak Tak Terkait Long Covid - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA --  Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, hepatitis akut yang menginfeksi anak-anak tidak memiliki kaitan dengan long covid.

Sampai saat ini, investigasi terkait penyebab penyakit misterius ini terus dilakukan oleh pakar kesehatan dunia maupun Indonesia.

Selain itu, dari data yang ada long covid sangat jarang menyerang anak-anak.

"Tidak. Pasien-pasiennya justru sehat. Di Alabama, dari 9 anak-anak, tak satu pun dari mereka memiliki riwayat infeksi Covid-19, dan tidak menerima vaksin. Dari data juga diketahui bahwa angka kejadian Long Covid pada anak amat jarang," kata dia dikutip dari akun twitternya @ProfZubairi, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: IDAI Terbitkan Tata Laksana Penanganan Hepatitis Akut Berat pada Anak

Di Indonesia, dari tiga kasus yang sedang diteliti lebih lanjut, semuanya diketahui negatif Covid-19 dan satu memiliki komorbid.

Sementara di Brasil dan India, sejumlah kecil anak-anak yang terinfeksi Covid-19 butuh pengobatan untuk hepatitis.

"Sebagian besar pasien pulih dengan cepat dalam beberapa hari," imbuhnya.

Sampai saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit ini, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A,  menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll.

Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak dari orang yang sakit agar anak-anak tetap sehat.
Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat