androidvodic.com

Dukung Pemerintah, Posko Mudik Ini Bikin Perjalanan Jadi Rileks, Adem, dan Sehat - News

News – Hari Raya Idulfitri tahun 2022 ini merupakan kali pertama pemerintah memberikan kelonggaran untuk mudik atau pulang kampung, setelah dua tahun lebih menghadapi pandemi Covid-19. Riset menyebutkan, jumlah pemudik diprediksi mencapai lebih dari 85 juta orang.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan kegiatan arus mudik dan balik Lebaran 2022 yang dimulai sejak 25 April hingga 9 Mei 2022 berjalan dengan baik.

Lebih jauh, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengatakan bahwa pengawalan arus mudik dan balik Lebaran juga sejalan dengan amanah Jokowi, yakni mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat.

"Agar pelaksanaan mudik ini berjalan dengan aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat," kata Menhub Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2022).

Bersama pemerintah mengawal arus mudik, hadir pula peran salah satu perusahaan swasta, Enesis Group, yang berkontribusi mewujudkan mudik aman dan sehat pada Lebaran tahun ini.

Kali ini, Enesis mendukung pemerintah secara langsung dengan membuka posko mudik di beberapa titik di Pulau Jawa sejak 25 April hingga 8 Mei 2022. Posko mudik tersebut diberi nama Posko Adem #RileksSehatAdem

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat selama mudik, juga sebagai bentuk komitmen Enesis Group untuk melayani negeri dan menyehatkan bangsa melalui program tanggung jawab sosialnya.

Ryan Tirta Yudhistira, Chief Sales and Marketing Officer Enesis Group menyampaikan kegiatan posko mudik ini adalah program lanjutan dari posko nataru tahun lalu.

Ryan Tirta Yudhistira, Chief Sales and Marketing Officer Enesis Group pada Pelepasan Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (28/4/2022) lalu.
Ryan Tirta Yudhistira, Chief Sales and Marketing Officer Enesis Group pada Pelepasan Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (28/4/2022) lalu. (ISTIMEWA)

Pada Kamis (28/4/2022) lalu, bersama dengan Pelepasan Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Enesis Group memberikan secara simbolis bantuan 65 ribu healthy kit dari Enesis kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, disaksikan oleh Menhub Budi Karya Sumadi, dan tamu undangan lainnya.

“Posko Mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman, serta sehat saat tiba di tempat tujuan,” ucap Ryan.

Budi berterima kasih kepada Enesis yang selalu mendukung Kementerian Perhubungan untuk menjalankan misi menyangkut masalah keselamatan dalam membantu masyarakat mencegah Covid-19.

“Waktu Natal dan Tahun baru saya dibantu paket healthy kit ini sampai dengan 95.000 paket dan kami bagikan tidak hanya di transportasi darat saja tapi juga kereta api, udara dan laut. Posko mudik ini pun diharapkan dapat mendukung masyarakat agar terbiasa menerapkan protokol kesehatan di titik titik jalur mudik lebaran kali ini,” ujar Budi, dikutip dari rilisan pers yang diterima Tribunnews, Kamis (28/4/2022).

Pelepasan Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (28/4/2022) lalu.
Pelepasan Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (28/4/2022) lalu. (ISTIMEWA)

Diapresiasi Menparekraf

Posko Adem ini juga mendapat dukungan langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Parekraf Sandiga Uno saaat menjajal fasilitas Posko Adem Mudik Aman dan Sehat.
Menteri Parekraf Sandiga Uno saaat menjajal fasilitas Posko Adem Mudik Aman dan Sehat. (ISTIMEWA)

Menteri Parekraf Sandiaga Uno hadir dalam peninjauan Posko Adem Mudik Aman dan Sehat #DiIndonesiaAja bersama Enesis Group secara virtual di Rest Area KM 88A pada Minggu (1/5/2022) lalu.

“Partner kami Enesis selama ini sudah men-support banyak sekali kegiatan kami. Jadi untuk periode mudik kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kang Ryan Tirta Yudhistira perwakilan dari Enesis,” ucap Sandiaga.

Posko Adem menyediakan kebutuhan protokol kesehatan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan, sehingga mendukung perjalanan mudik yang aman dan nyaman, dan tetap sehat saat tiba di tempat tujuan.

Berbagai fasilitas dan healthy kit Posko Mudik Rileks Sehat Adem

Posko Adem menyediakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pemudik, seperti pijat relaksasi gratis bersama Plossa, booth foto Adem Sari untuk membagikan keceriaan perjalanan mudik, serta penyemprotan Kispray gratis untuk bebaskan kuman dan wangi tahan lama selama perjalanan.

Tersedia pula produk andalan Enesis yang diberikan dalam bentuk travel kit praktis bagi pemudik. Alasan memberikan healthy kit karena produk Enesis dapat menjadi solusi bagi kesehatan pemudik.

“Kami membagikan sekitar 65.000 hingga 75.000 healthy kit secara gratis kepada pemudik yang melakukan perjalanan agar selalu aman dan sehat,” pungkas Ryan.

Beberapa produk yang terdapat dalam healthy kit Enesis Group adalah Plossa 4 in 1, Amunizer, Antis Hand Sanitizer no 1 di Indonesia, dan masker.

Pada momen mudik Lebaran tahun 2022 ini, Enesis Group membuka Posko Mudik Rileks Sehat Adem di 12 titik jalur mudik dan arus balik, serta di 11 titik lokasi wisata yang sudah dibuka H-7 lebaran hingga H+7 lebaran.

Adapun Posko Mudik Rileks Sehat Adem ini digelar di titik-titik berikut:

  1. Terminal Jatijajar, Depok
  2. Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur
  3. UPPKB Balonggandu, Karawang
  4. Pelabuhan Merak, Banten
  5. Pelabuhan Bakauheni, Lampung
  6. Rest Area SPBU Utama Raya, Jawa Timur
  7. Satpel UPKB Tanjung, Brebes
  8. Terminal Tirtonadi, Solo
  9. Terminal Purabaya, Surabaya
  10. UPPKB Losarang, Indramayu
  11. Rest Area 88A, Purwakarta
  12. Rest Area 88B, Purwakarta
  13. Pangandaran, Jawa Barat
  14. Sari Ater, Subang
  15. Sabda Alam, Garut
  16. Kebun Binatang Surabya
  17. Kebun Binatang Bandung
  18. Kebun Binatang Ragunan
  19. Pantai Anyer, Banten
  20. Taman Rekreasi Selecta, Malang
  21. Kebun Binatang Mangkang
  22. Candi Songo, Semarang
  23. Taman Celosia, Semarang

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan   

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat