androidvodic.com

Apa itu Multi Lane Free Flow? MLFF akan Gantikan E-Toll di Gerbang Tol dengan Teknologi Satelit - News

News - Pemerintah berencana memperkenalkan sistem pembayaran tanpa sentuh, multi lane free flow (MLFF) pada penghujung tahun 2022 di jalan tol.

Sebelumnya, pembayaran di jalan tol dilakukan melalui e-toll.

Saat ini, penerapan MLFF masih dalam proses pembahasan oleh pihak terkait.

Rencananya, sistem pembayaran MLFF di gerbang tol akan mulai diterapkan secara penuh pada 2023.

Sebagai bagian dari penyedia layanan e-toll, PT Bank Central Asia Tbk atau BCA menyatakan dukungannya terhadap wacana peralihan sistem pembayaran gerbang tol tersebut.

"Pada prinsipnya, BCA sebagai perbankan nasional berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah, regulator, dan otoritas perbankan salah satunya terkait dengan wacana transisi e-toll ke sistem pembayaran nirsentuh sebagai alat pembayaran resmi jalan tol," tutur EVP Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn, kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Lantas, apa itu MLFF?

Baca juga: Aturan Perjalanan Terbaru Tahun 2022, Tak Perlu Tes PCR dan Antigen jika Sudah Terima Vaksin Dosis 2

Multi Lane Free Flow (MLFF)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai konstruksi transaksi tol menuju Sistem Transaksi Nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF), dikutip dari BPJT.

MLFF adalah transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Biasanya, pengemudi yang melakukan transaksi di Gerbang Tol menggunakan e-toll membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan, kemudian melakukan tapping kartu e-toll.

Namun, dengan diterapkannya teknologi transaksi nirsentuh di Jalan Tol atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF) ini, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol dan mengantri saat melakukan pembayaran.

Nantinya, saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong.

Baca juga: Penjual Eceran Patok Harga Pertalite Rp 15.000 per Liter di Halmahera Utara Maluku Utara

Menggunakan Tekonologi GNSS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat