androidvodic.com

Novel Tawarkan Bantuan ke Firli Untuk Tangkap Harun Masiku: Saya Yakin Tidak Perlu Waktu Lama - News

News, JAKARTA - Sudah lebih dari 850 hari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak kunjung berhasil menangkap eks calon anggota legislatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku.

Mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan melihat ketidakmampuan lembaganya tempat dulu ia bekerja karena didasari ketidakmauan Ketua KPK Firli Bahuri menangkap buronan tersebut.

Atas dasar hal itu, Novel pun menawarkan bantuan kepada Firli.

"Bila tidak mampu, bisa minta bantu kami untuk tangkap HM [Harun Masiku]. Saya yakin tidak perlu waktu yang terlalu lama. Itu pun bila Firli punya kemauan untuk menangkap," kata Novel lewat keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

Novel lantas menyindir pernyataan Firli yang menyebutkan bahwa Harun Masiku tidak bisa tidur nyenyak lantaran terus dicari KPK.

Kata Novel, tidak tidur nyenyaknya Harun bukanlah urusan Firli.

Menurut Novel, seharusnya Firli lah yang tidak bisa tidur nyenyak karena Harun belum juga berhasil diciduk.

"Intinya, bahwa benar tidur nyenyak atau tidak itu bukan urusan Firli. Harusnya Firli yang tidak boleh tidur nyenyak karena belum tangkap buronan HM sampai sekarang," kata Novel.

Sementara, Indonesia Corruption Watch (ICW) tak kaget lagi jikalau KPK terlihat enggan meringkus Harun.

Sebab, ICW meyakini hingga akhir masa jabatan Firli cs sebagai komisioner KPK, lembaga antirasuah itu akan terus-menerus berkilah dengan segala argumentasi untuk menunda mencari Harun Masiku.

"Kalau pun ada pernyataan, baik Firli maupun Plt Jubir Penindakan KPK, kami duga hanya sekadar lip service semata," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana lewat keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

ICW menduga, sumber persoalan pencarian Harun dikarenakan KPK, khususnya Firli, takut berhadapan dengan seorang aktor politik besar yang selama ini berada di balik buronan tersebut. 

"Sebab, jika Harun Masiku ditangkap, maka aktor politik besar itu sudah barang tentu akan turut diproses hukum," kata Kurnia.

Lika-liku Perjalanan Sang Buron Harun Masiku

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat