androidvodic.com

Saran Pakar Epidemiologi untuk Cegah Penularan Virus Hendra di Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Virus Hendra menginfeksi kalelawar pemakan buah dan dapat menyebar ke kuda sehingga berpotensi menularkannya ke manusia.

Di beberapa negara seperti Australia, jenis binatang kalelawar pemakan buah dilindungi. 

Hal ini disampaikan oleh Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman.

"Di Australia dan beberapa negara maju memang dilindungi kelelawar ini. Karena dia menyebarkannya untuk tumbuhan. Jadi bisa menjaga keseimbangan alam. Kalau sampai dibasmi bisa rusak alam kita. Sama seperti lebah," ungkapnya pada Tribunnews, Selasa (24/5/2022). 

Baca juga: Fakta-fakta Virus Hendra, Virus yang Dapat Menular dari Kuda ke Manusia, Perhatikan Gejalanya

Di sisi lain, menurut Dicky, pada virus Hendra ini sebetulnya mengangkat suatu urgensi bahwa harus ada program kerjasama antar regional. 

"Ini kaitannya dengan health security dan surveilans program. Bukan hanya manusia tapi juga hewan. Yang bisa kita lihat keberadaan perubahan virus dari karakter virus," katanya lagi. 

Dan konteks ini, penting juga untuk diterapkan oleh negara, khususnya di Indonesia. Misalnya di daerah Nusa Tenggara Timur yang banyak peternakan kuda

Terlebih, makanan kuda biasanya berasal dari rerumputan yang terkadang berada di daerah kelelawar buah bersarang.

Makanan tersebut bisa tercemar oleh kelelawar dan kemungkinan dapat menginfeksi si kuda

Oleh karenanya perlu ada perencanaan pencegahan dari segi peternakan. Namun menurut Dicky pencegahan tersebut tidak hanya dari virus Hendra.

"Karena adanya kontak antara hewan dengan manusia memanglah rentan. Artinya harus ada pengamatan surveilans yang rutin, serta literasi pada peternak atau masyarakat yang hidup dekat alam liar atau hewan ini," papar Dicky lagi. 

Selain itu ia pun mengingatkan masalah sanitasi makanan, prosedur pengemasan, terutama produksi hewan. Semuanya menjadi sangat penting untuk ditingkatkan dan dijaga kualitasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat