androidvodic.com

Kemenkomarves Apresiasi Inisiatif Penanaman Mangrove oleh KCN - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Pemerintah telah target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600 ribu hektar pada tahun 2024 mendatang.

Target pemerintah itu itu tak akan berhasil tanpa ada akan berhasil tanpa adanya keterlibatan pihak lain seperti  BUMN, dunia usaha swasta dan tentunya masyarakat.

Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Menko Maritim dan Investasi, Fatma Puspitasari mengatakan, untuk merealisasikannya target itu,  pemerintah tidak bisa melakukan sendiri.

"Presiden Joko Widodo telah menegaskan target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600 ribu hektar pada tahun 2024 mendatang sehingga inisiatif penanaman mangrove yang salah satunya dilakukan dunia usaha patut dibanggakan," kata Fatma di sela-sela  penanaman bibit mangrove di pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN) Marunda di Jalan Jayapura, Cilincing, Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Fatma mengapresiasi berbagai upaya PT KCN secara berkelanjutan penanaman mangrove sebagai bagian tanggung jawab sosial dan lingkungan sekaligus mendukung pelestarian alam di pelabuhan Merunda, Jakarta.

Apalagi kawasan mangrove merupakan salah satu kawasan ekosistem di wilayah pesisir yang memiliki banyak manfaat baik sisi nilai ekonomi, menjaga kawasan pesisir dari bencana alam seperti tsunami dan mencegah abrasi.

Berdasarkan Peta Mangrove Nasional tahun 2021, kondisi ekosistem mangrove di Indonesia seluas 3,36 Juta Ha, dengan total mangrove lebat seluas 3,1 Juta Ha, mangrove sedang seluas 188.363 Ha, dan mangrove jarang seluas 54.474 Ha. 

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi  mengatakan, penanaman mangrove yang merupakan lanjutan program tahap II di Hutan Bakau yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter," katanya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Kordinasi Maritim & Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Kementerian Perikanan & Kelautan, Kantor OP. Utama Tanjung Priok, dan Institut Pertanian Bogor.

"IPB memberikan masukan atas jenis mangrove yang cocok ditanam yaitu jenis Rhizopora Muncronata yang ketika tumbuh dapat mencapai ketinggian 30 meter," kata Widodo.

KCN juga sudah menanami kawasan yang dikelolanya dengan pohon jenis spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter dan sebelumnya perusahaan juga melakukan penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum PT KCN pada tahun 2017.

"Penanaman mangrove jenis rhizopora mucronata tahap II yang berlangsung awal Juni 2022 itu akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan," kata Widodo.

Direktur Utama KCN juga memberikan bantuan kemanusian dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 139,5 juta. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat