androidvodic.com

Kepala BSSN Letjen TNI Purn Hinsa Siburian: Setiap Saat Adalah Perang - News

News, JAKARTA - "Setiap Saat Adalah Perang."

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian menceritakan beratnya melaksanakan tugas pengamanan informasi rahasia negara.

Bagi Hinsa, tiada hari tanpa perang untuk mengamankan serangan-serangan siber berupa malware.

"Setiap Saat Adalah Perang."

"Kita lihat itu bagaimana serangan setiap saat datang baik berbentuk anomali ataupun yang bersifat teknis malware," katanya saat wawancara eksklusif, Senin (30/5/2022).

Mantan prajurit Kopassus ini mengingatkan anak buahnya di BSSN agar terus belajar melihat perkembangan karena ancaman berubah terus sangat cepat.

Hinsa menjelaskan serangan siber bisa berupa beberapa lapisan sehingga membahayakan misalnya sumber daya energi yang menghidupi pelayanan publik.

Berikut wawancara eksklusif Direktur Pemberitaan Tribun Network dengan Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian:

Sebetulnya BSSN ini lembaga apa sih Pak?

Kalau kita sudah memiliki TNI mereka mengamankan udara kita dan Kepolisian Republik mengamankan atau menjaga ketertiban masyarakat.

BSSN ini mengamankan ruang siber nasional karena sesuai tujuan kita berbangsa dan bernegara ini sesuai dengan konstitusi kita yaitu melindungi bangsa memajukan kesejahteraan umum yang cerdas dan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Mungkin ketika konstitusi kita undang-undang Dasar 1945 dibentuk ketika belum terbayangkan akan ada dunia siber ini di situ sebenarnya tujuan kita berbangsa dan bernegara.

Benar kalau dulu ketika masih Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) itu kan berita-berita atau informasi di enkripsi atau masih bersifat offline. Nah sekarang bersifat online jadi tugas dan fungsi itu juga kita laksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden diamanatkan tetapi tetap melaksanakan tugas-tugas yang menjadi lebih komplikasi.

Bagaimana ceritanya bapak diminta Pak Presiden Jokowi menjadi Kepala BSSN?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat