androidvodic.com

PM Australia Anthony Albanese Kunjungi Pabrik Terigu Eastern Pearl di Makassar - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA – Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengunjungi pabrik terigu di Makassar sebagai rangkaian kunjungan resmi pertamanya ke Indonesia setelah dilantik menjadi Perdana Menteri, Selasa (7/6/2022).

Albanese didampingi Menteri Luar Negeri Penny Wong, Menteri Perdagangan Don Farrell, Menteri Perindustrian Ed Husic, dan Anggota Solomon Luke Gosling OAM.

Kedutaan Besar Australia di Jakarta menyatakan, Albanese mengunjungi Eastern Pearl Flour Mill, yakni pabrik terigu terbesar keempat di dunia yang berlokasi di Makassar.

Eastern Pearl, seperti pabrik terigu lainnya di Indonesia, menggunakan gandum Australia berkualitas tinggi untuk menghasilkan tepung yang digunakan dalam produk seperti mie dan roti.

“Saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerja sama di bidang iklim, infrastruktur dan energi,” kata Albanese dalam pernyataannya.

Perdana Menteri Albanese menambahkan, dalam pertemuan pimpinan tahunan di Jakarta, dia dan Presiden Joko Widodo membahas tentang perdagangan dan investasi bilateral, kerja sama di bidang iklim dan energi, serta kepentingan regional dan global.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Auditor ISPS Code, Kemenhub Kolaborasi dengan Australia

Hal yang sangat penting adalah keinginan kedua belah pihak untuk membuka potensi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.

Termasuk untuk meneruskan dana infrastruktur dan iklim senilai AS200 juta yang diusulkan.

“Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami, karena itu saya berkomitmen untuk berkunjung secepatnya. Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan Pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini,” kata Perdana Menteri Albanese.

Baca juga: Menaker Jalin Kerja Sama Saling Menguntungkan dengan Pemerintah Baru Australia

Selama berada di Makassar, Perdana Menteri dan delegasi juga bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, para alumni Australia dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat