androidvodic.com

Menteri BUMN Setuju Harga Tiket Masuk Borobudur untuk Turis Internasional Dibikin Mahal - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA -  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai kenaikan harga tiket ke atas stupa Candi Borobudur sekira Rp750 ribu adalah hal yang wajar, asal dengan syarat yang dinaikkan untuk wisatawan mancanegara.

"Kalau kita lihat kan, contoh kalau turis internasional ya enggak apa dimahali. Cuma kalau kemarin untuk pelajar Rpv5.000 masih, enggak ada kenaikan," kata Erick di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Namun, dia mengatakan Kementerian BUMN bukanlah kementerian yang mengambil kebijakan terkait kenaikan harga tersebut.

Maka itu, menurutnya, perlu ada sinkronisasi antar kementerian terkait wacana tersebut.

"Karena kadang-kadang tentu kebijakan yang dilakukan tentu oleh kementerian lain, kadang-kadang kita juga baru mengetahui," ungkapnya.

Baca juga: Pemerintah Naikkan Harga Tiket Candi Borobudur, Pakar Budaya UMY: Ini Membuat Masyarakat Geger

Erick mengatakan bahwa Komisi VI DPR mengingatkannya soal daya beli masyarakat.

BUMN diminta menjamin keseimbangan terlebih dahulu soal daya beli masyarakat.

Apalagi perekonomian masyarakat yang baru bangkit pasca pandemi Covid-19.

"Tadi sudah saya sampaikan, kami tentu dari Kementerian BUMN sesuai amanah yang diberikan terus menjaga yang namanya daya beli masyarakat," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini Luhut mengumumkan akan membatasi pengunjung Candi Borobudur dan menerapkan tarif baru untuk tiket masuk bagi turis asing maupun lokal.

Pengunjung lokal diwajibkan membayar tiket Rp 750.000 untuk sekali masuk.

Sementara wisatawan mancanegara, bakal dikenakan tarif USD100 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1.443.000 (kurs USD1=Rp14.400).

Namun, Luhut berjanji akan mempertimbangkan kekhawatiran dan masukan dari masyarakat mengenai rencana kenaikan tarif masuk ke area stupa Candi Borobudur untuk turis lokal yang dianggap terlalu tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat