androidvodic.com

TNI AU Rekrut 2 Penerbang Sipil Berlisensi Jadi Komponen Cadangan - News

News, JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan terdapat dua orang penerbang sipil yang turut serta menjadi Komponen Cadangan (komcad) TNI Angkatan Udara.

Indan menjelaskan dua orang penerbang merupakan lulusan sekolah penerbang yang sudah memiliki Commercial Pilot Licence (CPL).

Meski belum bekerja sebagai penerbang, lanjut dia, dua orang penerbang tersebut masuk menjadi komcad TNI AU membawa skill tersebut.

"Sekarang mereka sehari-hari terbang Pondok Cabe, ada satu klub. Jadi mereka masuk itu dengan membawa skill sebagai penerbang," kata Indan di Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma Jakarta pada Kamis (9/6/2022).

Terkait penggunaan Komcad TNI Angkatan Udara nantinya, kata dia, merupakan ranah Kementerian Pertahanan.

Tugas TNI AU, kata dia, dalam hal ini adalah untuk merekrut, mendidik, dan melatih mereka untuk siap menjadi komcad.

Indan menjelaskan, TNI AU diberikan alokasi untuk merekrut dan melatih 500 orang komcad.

Ternyata, lanjut dia, antusiasme warga untuk menjadi personel komcad TNI AU cukup tinggi.

Hal tersebut dibuktikan dengan 700 orang yang mendaftar sebagai personel komcad meski yang terpilih hanya sebanyak 500 orang.

"Saat ini pendidikannya sudah berjalan. Kemarin sudah dibuka oleh Dirjen Pothan (Kemhan) dan saat ini sedang melaksanakan pendidikan. Jadi ada 500 orang yang sedang melaksanakan pendidikan," kata Indan.

Sebanyak 500 personel Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad Haneg) Matra Udara Tahun 2022 tersebut mulai mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung.

Baca juga: KSAU Pastikan Pelajari dan Siapkan Alutsista TNI AU dengan Hati-hati dan Cermat

Latsarmil tersebut dibuka Direktur Jenderal  Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dan ditandai penyematan tanda peserta latihan di lapangan upacara "Jingga" Kopasgat Bandung pada Senin (30/5/2022).

Dalam sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan Dadang, Prabowo mengatakan Komcad merupakan subsistem pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini. 

Melalui penyiapan awal, lanjut Prabowo, maka saat dibutuhkan, Komcad mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama pertahanan negara.

Proses pembentukannya, kata Prabowo, didasari pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan kekuatan pertahanan militer dan nonmiliter.
     
Prabowo juga mengatakan salah satu strategi pertahanan Negara Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional.

"Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman," kata Prabowo sebagaimana disampaikan Dadang dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AU pada Selasa (31/5/2022). 
     
Prabowo juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh Komcad pertahanan Negara.

Ia berharap, mereka dapat mengikuti Latsarmil yang telah disiapkan.
     
Komcad Matra Udara berasal dari warga negara Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam. 

Pada penerimaan tahun ini, terdapat sejumlah warga negara yang berprofesi sebagai pilot pesawat terbang, tenaga kesehatan (perawat dan terapis), pegawai negeri sipil dan BUMN, di antaranya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Perusahaan Industri Angkatan Darat (Pindad) dan berbagai profesi lainnya.
     
Selama tiga bulan, seluruh peserta Latsarmil Komcad Matra Udara berbagai provinsi di Indonesia tersebut akan menjalani  pelatihan berbagai materi pendidikan yaitu bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, serta bidang jasmani.
     
Hadir saat upacara pembukaan Aspotdirga KSAU Marsda TNI Bowo Budiarto, Dankopasgat Marsda TNI Eris Widodo Y beserta para pejabat jajarannya, pejabat Kodiklat TNI, Sesko TNI, pejabat Kodam III Siliwangi, Polda Jawa Barat, Kasgartap III/Bandung dan pejabat Forkopimda Kota/kabupaten Bandung, serta para pejabat TNI-Polri setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat