androidvodic.com

TNI AL Kerahkan Pasukan Patroli Bantu Evakuasi Korban Kecelakaan Laut di Kepulauan Riau - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) turut mengerahkan personel untuk melaksanakan SAR, evakuasi, sekaligus pengamanan terhadap Kapal KLM Bintang Surya yang mengalami kecelakaan di Perairan Barat Pulau Nipah, Kepulauan Riau, Minggu (12/6/2022).

Adapun unsur yang dikerahkan yakni patroli KRI Lemadang (LDG)-632 unsur BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I (Ops Garda Indosin 22).

Kecelakaan laut ini dialami KLM Bintang Surya dalam pelayaran dari Singapura dengan tujuan Tanjung Balai Karimun.

Ketika berlayar pada posisi 01 06 32 U-103 36 24 T tim dari KLM Bintang Surya meminta pertolongan kepada KRI LDG-632 di channel 16 dan KRI Lemadang langsung bergerak menuju ke posisi kapal yang memiliki 18 anak buah kapal (ABK) ini.

Namun, saat tim TNI AL dari KRI Lemadang datang ke lokasi, kondisi kapal KLM Bintang Surya sudah hangus terbakar.

Baca juga: Oknum TNI Jual 10 Amunisi Seharga Rp 2 Juta ke KKB, Menangis Saat Diinterogasi Petugas: Siap Salah

"30 menit kemudian pada pukul 07.30 WIB, KRI LDG-632 tiba di posisi kapal yang mengalami laka laut dimana saat tim TNI AL datang kondisi sudah hangus terbakar dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal KLM Bintang Surya sedang di evakuasi oleh TB. Maya Harbour yang kemudian dirapatkan ke KRI LDG-632," tulis keterangan Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal).

Selanjutnya KRI LDG-632 dibantu dengan unsur kapal Bakamla melaksanakan pertolongan terhadap ABK kapal tersebut.

Dari insiden ini terdapat 1 korban atas nama Abdul Jamal (Nahkoda) yang sudah dalam kondisi kritis serta berapa penumpang mengalami luka ringan.

"Setelah dilaksanakan pertolongan, nahkoda tersebut sudah tidak dapat diselamatkan dan meninggal dunia," lanjutnya.

Baca juga: TNI AL Buka Opsi Ambil Langkah Hukum soal Tuduhan Ada Perwira Minta Duit untuk Bebaskan Kapal Asing

Saat ini seluruh ABK kapal KLM Bintang Surya dibawa KRI LDG-632 menuju ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun untuk dilaksanakan penanganan medis terhadap korban.

Tak hanya itu saat ini seluruh tim dari TNI AL masih menginvestigasi lebih lanjut terkait penyebab terbakarnya kapal KLM Bintang Surya tersebut.

Aksi gerakan cepat yang dilakukan TNI AL tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Yudo meminta kepada jajarannya untuk sesegera mungkin memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki sehingga keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat