androidvodic.com

Cerita Zulhas Sebelum Dilantik jadi Mendag Hingga Makan Siang Bareng Jokowi dan Ketua Umum Partai - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Zulkifli Hasan resmi menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) usai dilantik Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menceritakan awal mula dirinya ditunjuk sebagai Mendag menggantikan Muhammad Lutfi.

Dia mengaku baru mengetahui hal itu pada Selasa (14/6/2022) malam. Saat itu dia dihubungi untuk datang ke Istana Negara hari ini.

"Saya juga baru tau semalam, semalam saya diberitahu jam 07.00 WIB diundang ke Istana," kata Zulkifli kepada wartawan di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (15/6/2022).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku baru mengetahui jika dirinya ditunjuk sebagai Mendag pagi ini.

Saat Presiden Joko Widodo berjalan kaki bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menuju Istana Negara untuk menghadiri pelantikan menteri dan wakil menteri.
Saat Presiden Joko Widodo berjalan kaki bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menuju Istana Negara untuk menghadiri pelantikan menteri dan wakil menteri. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Penugasannya itu tolong Pak Zul dengan background Pak Zul yang suka turun ke bawah mengerti mikro mengerti retail detail soal pangan ketersediaan dan lain-lain itu diyakini kepercayaan besar dari Presiden," ungkapnya.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan: Persoalan Minyak Goreng yang Tidak Selesai, Kita Selesaikan dengan Cepat

Setelah itu, Zulkifli mendapat undangan sekira pukul 11.00 WIB untuk datang ke Istana Negara.

Namun, sebelum pelantikan dia makan bersama dengan tokoh politik lainnya.

"Sampai di sana jam 12.00 WIB, makan siang Ketum ada Bu Mega, ada Surya Paloh, ada Cak Imin, ada Airlangga Hartanto ada Pak Prabowo, ada Pak Harso, lengkap Ketum Partai dan koalisi dan abis itu dilantik selesai," ucapnya.

Untuk informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik calon menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Menteri yang dilantik yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melantik wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24N Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Wakil Menteri yang dilantik yakni John Wempi Watipo sebagai Wakil menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Baca juga: Jokowi Resmi Reshuffle Kabinet, Dua Menteri Dicopot: Muhammad Lutfi dan Sofyan Djalil

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat