androidvodic.com

Presiden KSPSI Minta Wamenaker Baru Segera Pelajari Masalah Para Buruh - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea mengaku tidak mengenal langsung sosok Afriansyah Noor.

"Pilihan Presiden Jokowi harus kita hormati. Tapi, secara pribadi saya tidak mengenalnya. Ini pekerjaan berat bagi Wamenaker. Apalagi, baru kali ini ada Wamenaker di Kementerian Ketenagakerjaan," kata Andi Gani di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pimpinan Konfederasi Buruh ASEAN Trade Union Council (ATUC) ini menilai Wamenaker punya tugas yang sangat berat.

Baca juga: PROFIL Afriansyah Noor, Elite PBB yang Kini Dilantik Jadi Wamenaker

Baca juga: Profil Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Pertama yang Dilantik Jokowi

Terutama berkaitan dengan masalah pekerja Indonesia. Misalnya, UU Cipta Kerja yang di dalamnya masih dimasukannya klaster ketenagakerjaan.

Selain itu, terkait revisi Rancangan Undang-Undang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (RUU PPP) yang telah disahkan menjadi undang-undang.

"Saya memberikan masukan kepada Wamenaker baru untuk segera beradaptasi dan mempelajari masalah-masalah buruh," tutur Andi Gani.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melantik calon menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca juga: Usai Zulhas, Sekjen PBB Afriansyah Noor Tiba di Istana Negara

Baca juga: Kritisi Reshuffle Kabinet, Ubedilah Badrun: Pendukung Tiga Periode Kok Jadi Menteri, Ini Bahaya

Menteri yang dilantik yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melantik wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24N Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Wakil Menteri yang dilantik yakni John Wempi Watipo sebagai Wakil menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat