androidvodic.com

Bentara Budaya Jakarta Gelar Pameran Ilustrasiana di Bandung, Tampilkan Karya Pidi Baiq hingga Sweta - News

News - Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran Ilustrasiana di Kota Bandung, Jawa Barat yang sudah dimulai sejak Minggu, 26 Juni 2022.

Pameran Ilustrasiana ini diresmikan langsung oleh Pidi Baiq pada Minggu malam.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Bentara Budaya menuju HUT Bentara ke-40 tahun pada September 2022.

Pameran pertama telah dilaksanakan di Bogor Creative Center bulan Mei 2022, dilanjutkan akan dilaksanakan di Urbane Indonesia-Bandung.

Rencana selanjutnya akan diadakan di beberapa kota, yaitu Ambon, Payakumbuh, Yogyakarta, dan akan berakhir di Bentara Budaya Jakarta pada akhir September nanti.

Pameran ini akan menampilkan karya-karya dari Aditya Saputra, Alodia Yap, Andi Yudha Asfandiyar, Bima Nurin, Coretanino, Denny Row, Dessaf, Doddy Nursaiman, EorG, Evi Shelvia, Gerdi WK, Guruh Ramdani, Hari Prast, Iman Sudjudi, Iqbal Amirdha, Iwan Yuswandi, Komunitas Segar Deskov IKJ, Maman Mantox, Mohammad Taufiq (Emte), Oyasujiwo+Iput Ukra, Patra Aditia, Pidi Baiq, Sweta Kartika, Thomdean, Tita Larasati, Toni Masdiono, Triyadi Guntur W, Tsalitsa Kamila, Wastana Haikal, Yanita Indrawati, dan Yulian Ardhi.

Pameran ini diadakan dalam rangka menumbuhkan dan mengangkat dunia ilustrasi dengan para ilustrator, mewadahi dan menyampaikan aspirasi dan inspirasi mereka, terutama di daerah-daerah.

Ilustrasi sering kali dikaitkan dengan sampul sebuah buku, padahal ilustrasi tidak hanya terkait sampul buku saja.

Dalam perkembangannya, ilustrasi berperan besar bagi manusia, terutama bagi dunia seni.

Ilustrasi memudahkan manusia untuk menebak hal yang bersembunyi dalam sisi simbolik ilustrasi.

Ilustrasi juga sering bersinggungan dengan disiplin ilmu yang lain, setidaknya dengan ilmu semiotik.

Hal ini terkait dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh ilustrasi yang ada.

Perkembangan ilustrasi menjadi perhatian Bentara Budaya, sebagai penanda perkembangan kebudayaan, maka sesungguhnya ilustrasi merupakan sisi kehidupan yang berada ada di garda depan.

Tema dari pameran ini adalah MULTIKULTURAL. Manusia membutuhkan manusia lain sebagai model dan pewujud gagasan bersama tentang dunia.

Konsep bersama ini telah ada sejak dulu di Nusantara, kita telah berkomunikasi, bertukar hasil bumi hingga terjadi silang budaya meskipun tersebar di pulau-pulau yang berjauhan.

Kehidupan multikultural telah mengendap, berakar dan menjadi keseharian manusia Indonesia kini.

Tema besar multikulturalisme ini kami anggap menarik dan relevan untuk diangkat kembali dalam sebuah forum karya para illustrator nasional di sebuah pameran yang digagas oleh Bentara Budaya menuju ulang tahunnya yang ke 40.

Bandung adalah kota kedua setelah dibuka di Bogor yang menjadi kelanjutan rangkaian pameran “Ilustrasiana”.

Bandung tidak dipilih sebagai kota yang “sekadar” disinggahi pameran ini, namun kota yang sengaja dituju sebagai tempat penghormatan tertinggi bagi seni Ilustrasi di Indonesia, menimbang dari sejarah dan perkembangannya yang terus mekar hingga kini.

Pada pameran ini, kita dapat melihat betapa unik dan beragamnya karya ilustrator yang sebagian besar berdomisili di Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat