androidvodic.com

Komisi I DPR Bicara Soal Pegangan Bagi Warganet dalam Pemanfaatan Dunia Digital - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, A Rizki Sadig, mengatakan terdapat dua hal yang perlu menjadi pegangan para warganet di Indonesia dalam memanfaatkan dunia digital.

Pertama, dia menilai tak boleh ada rasa putus asa atau kesulitan dalam meng-upgrade diri terhadap perkembangan dunia digital yang begitu pesat.

"Teruslah belajar dan tingkatkan kecerdasan diri dalam menggunakan digital termasuk dalam memahami etika dan peraturan yang ada," kata Rizki dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator, dengan tema “Menjadi Warganet yang Cerdas dan Produktif di Era Digital” yang digelar Komisi I DPR RI dan APTIKA Kominfo, Senin (27/6/2022).

Kemudian, Rizki menilai diperlukan kontrol diri untuk menjadi pengguna yang bijak.

Baca juga: AMSI Cari Solusi Temukan Model Baru Bisnis Media Digital Agar Survive di Tengah Gempuran Medsos

"Dan juga memanfaatkan perkembangan digital sebagai sesuatu yang menumbuhkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan baik dalam negeri maupun di luar neger sehingga mempunyai catatan-catatan digital yang baik," ujar politikus PAN itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ayu Arianti selaku Key Opinion Leader mengatakan bahwa kecerdasan warganet merupakan bentuk kecakapan dalam budaya digital, yakni bentuk kedewasaan pengguna

Dia mengatakan untuk menjadi warganet yang cerdas dan produktif dalam menggunakan digital yaitu dengan berpikir kritis, menggunakan fitur unfollow dan block dengan bijak, ikut mengampanyekan literasi digital, aktif mengikuti kegiatan dan pelatihan tentang literasi digital.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Targetkan Bali Jadi Workcation Bagi Digital Nomad

“Perkembangan digital yang begitu pesat, menghadirkan beragam kemudahan bagi para penggunanya. Tak hanya itu saja, wadah digital ini pun mampu menjadi peluang baru bagi masyarakat untuk mendatangkan keuntungan," kata dia.

"Dengan kemudahan yang kita dapat juga, akan dengan mudah juga kita mendapatkan dampak negatif jika kita tidak cerdas dalam menggunakan digital, oleh karena itu beberapa tips tersebut perlu kita terapkan," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat