androidvodic.com

Kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Covid-19 di Indonesia Masih Terkendali Berdasarkan Standar WHO - News

Laporan wartawan TRIBUN-VIDEO.COM, Lendy Ramadhan

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia relatif lebih bagus.

Sesuai standar PPKM dari WHO, kenaikan level PPKM dilakukan jika ada 7800 kasus perhari.

Sedangkan kasus harian di Indonesia masih di bawah 7800, maka menurut standar WHO, kondisi masih terbilang sangat baik.

Meskipun demikian Budi Gunadi Sadikin mengimbau untuk lebih baik waspada dengan memakai masker, apalagi jika ada yang berkerumun dan sebagian orang batuk-batuk.

Hal itu dikatakannya di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta Pusat, Selasa (12/7/2022).

Satgas Covid-19: Pandemi Belum Berakhir

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan pandemi belum berakhir karena masih ada potensi terjadinya lonjakan kasus di Indonesia.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan, kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga terjadi di beberapa negara lainnya.

Hanya Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang berhak untuk menetapkan pandemi berakhir.

Hal ini disampaikan Sonny di Webinar Perubahan Perilaku Keluarga Besar TNI Angkatan Udara dengan tema 'Perilaku Adaptif di Masa Transisi Dari Pandemi Menuju Endemi', Rabu (13/7/2022).

"Jadi kalau salah satu negara terkendali, negara lain tidak terkendali terjadi lonjakan kasus, terjadi mutasi virus, mobilitas masyarakat terjadi juga, akhirnya yang terkendali tadi menularkan kembali yang terkendali," ujar Sonny.

Sonny mengatakan, kasus aktif di Indonesia belakangan kembali mencapai 20.000, meski ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan atau BOR, diangka 2,79 persen.

Positivity rate Indonesia telah mencapai 5,12 persen , ini adalah angka diambang batas yang telah ditetapkan WHO.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat