androidvodic.com

Kemendagri dan Kemlu Berkolaborasi Data WNI di Jeddah Arab Saudi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JEDDAH – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berkolaborasi melakukan rekam data warga negara Indonesia (WNI) di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (14/7/2022).

Pendataan merupakan satu misi negara untuk memberikan perlindungan WNI di luar negeri.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri berkolaborasi dengan Konsulat Jenderal RI dan Konsul Imigrasi RI serta Sekolah Indonesia di Jeddah, Arab Saudi.

"Hari ini saya sedang berada di Jeddah melakukan pendataan kependudukan dan membuatkan KTP-el untuk WNI di luar negeri," kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh.

Dengan adanya kolaborasi ini, para diaspora Indonesia dapat membuat Nomor Induk Tunggal (NIT) dan mencetak KTP elektronik di perwakilan RI terdekat di negara domisilinya.

Adapun selama 4 hari kegiatan pendataan WNI oleh Tim Dukcapil bersama KJRI diisi dengan kegiatan pelatihan dan praktik pelayanan adminduk bagi pegawai KJRI, rapat koordinasi pencocokan data, dan pelayanan langsung kepada masyarakat WNI di Jeddah.

Baca juga: Kemendagri Potong 237 Hewan Kurban dan Bagikan 9.944 Paket Daging Idul Adha 1443 Hijriah

Telah berhasil diproses 70 dokumen yang langsung diserahkan kepada pemohon yang bersangkutan.

Jumlah itu terdiri penerbitan NIT sebanyak 11 orang pemohon, perekaman ktp el 17 orang, pelayanan dokumen digital sebanyak 34 orang dan pengaktifan NIK sebanyak 8 pemohon.

Zudan memastikan layanan ini tidak hanya diselenggarakan di Arab Saudi, kolaborasi kemungkinan juga akan dilakukan di negara lainnya.

"Jangan lupa tunggu kami di negara berikutnya," kata Dirjen Zudan.

Baca juga: Kemendagri Sayangkan Proses Tahapan Penyusunan Perda Kerap Tak Diindahkan Pemda

Konjen RI Jeddah Eko Hartono membuka pintu seluas-luasnya untuk masyarakat hadir mengurus NIT dan merekam KTP-el di KJRI Jeddah.

Sedangkan pendataan untuk 1.150 siswa SIJ akan dilanjutkan bulan September atau Oktober 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat