androidvodic.com

Pemkot Jayapura Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mendapat penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), Rabu (20/7/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan, penghargaan tersebut diraih berkat keterlibatan masyarakat maupun komunitas di Jayapura dalam rangka menjaga lingkungan hidup.

"Penghargaan ini diberikan tentu oleh karena kebijakan-kebijakan pemerintah daerah dan juga didukung oleh partisipasi masyarakat melalui baik perorangan, komunitas-komunitas dalam rangka menjaga lingkungan," kata Frans di Gedung KLHK, Selasa.

Menurut Frans, keterlibatan masyarakat Jayapura terlihat baik dari sisi persampahan, pengelolaan limbah, penanaman, dan penghijauan dalam lingkungan hidup.

"Karena itu hari ini diberikan (penghargaan)," ujar Frans.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, lingkungan hidup merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan masyarakat kota Jayapura.

Karena itu, Frans menyebut, pelestarian lingkungan menjadi suatu keniscayaan dan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Jayapura.

"Kita bersama-sama (melakukan pelestarian) supaya lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas hidup, aktivitas sosial, ekonomi masyarakat di Kota Jayapura," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura Jamin Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berlangsung Aman dan Tertib

Sebagai informasi, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat