androidvodic.com

KLARIFIKASI Polisi Soal CCTV di Kasus Brigadir J, hingga Temuan CCTV Perjalanan dari Magelang ke TKP - News

TRIBUNEWS.COM - Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo memberikan klarifikasinya terkait rekaman CCTV dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang belum lama ini ditemukan oleh penyidik.

Dedi mengakui temuan rekaman CCTV tersebut memunculkan informasi yang simpang siur bagi publik, karena sebelumnya Kapolres Jakarta Selatan Nonaktif, Kombes Budhi Herdi Susianto menyatakan CCTV yang ada di rumah Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo semuanya rusak.

Oleh karena itu Dedi memberikan klarifikasinya, bahwa rekaman CCTV yang ditemukan penyidik itu merupakan rekaman CCTV yang ditemukan di sepanjang jalur rumah Irjen Ferdy Sambo.

Bukan CCTV yang ada di dalam rumah, tempat kejadian perkara insiden baku tembak Brigadir J dengan Bharada E.

"CCTV yang rusak seperti yang dikatakan oleh Kapolres Jakarta Selatan adalah CCTV yang di TKP, tapi CCTV yang sepanjang jalur ini (rumah Irjen Ferdy Sambo) sudah diketemukan oleh pihak penyidik," kata Dedi dalam tayangan Live Breaking News Kompas TV, Sabtu (23/7/2022).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, penyidik juga sudah berhasil mendapatkan rekaman CCTV dari sepanjang rute perjalanan Brigadir J dari Magelang hingga TKP di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Baca juga: Kuasa Hukum Brigadir J Dilarang Masuk Lihat Proses Prarekonstruksi di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Namun rekaman CCTV tersebut masih belum bisa diungkap hasilnya ke publik.

Pasalnya hingga kini polisi melalui tim Laboratorium Forensik masih melakukan pemeriksaan CCTV tersebut untuk melakukan kalibrasi dan pencocokan waktu.

"Demikian juga kemarin saya sampaikan, CCTV dari sepanjang jalan dari mulai Magelang sampai dengan TKP sini itu juga sudah ditemukan oleh penyidik. Sekarang masih proses pemeriksaan oleh Labfor, untuk mengkalibrasi dan mencocokan waktunya," ungkap Dedi.

Baca juga: Polri Jelaskan Rencana Proses Ekshumasi Jenazah Brigadir J pada Rabu 27 Juli 2022

Harapan Ayah Brigadir J Soal Temuan Rekaman CCTV

Diberitakan sebelumnya, ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat memberikan tanggapannya terkait rekaman CCTV terkait kasus kematian anaknya yang ditemukan oleh Polri.

Diketahui Brigadir J ditemukan tewas akibat terlibat baku tembak dengan Bharada E di rumah Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

Setelah sebelumnya polisi menyebut CCTV yang ada di rumah Irjen Ferdy Sambo rusak selama 2 minggu sebelum kejadian.

Kini, polisi berhasil menemukan rekaman CCTV yang ada di sekitar rumah dinas Kadiv Propam Mabes Polri Nonaktif tersebut.

Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat (Kiri) dan Brigadir J (Kanan), Samuel berharap penyebab kematian Brigadir J segera terungkap setelah ditemukannya CCTV (Kolase Tangkap Layar Kompas Tv dan News)
Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat (Kiri) dan Brigadir J (Kanan), Samuel berharap penyebab kematian Brigadir J segera terungkap setelah ditemukannya CCTV (Kolase Tangkap Layar Kompas Tv dan News) (Kolase Tangkap Layar Kompas Tv dan News)

Baca juga: Sesuai Perintah Presiden, Polri Tegaskan Akan Ungkap Sejelas-jelasnya Kasus Tewasnya Brigadir J

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat