androidvodic.com

Bertemu Tim Forensik Polri, Komnas HAM Beri Sejumlah Pertanyaan Terkait Luka di Tubuh Brigadir J - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkap hasil pertemuan dengan tim forensik Polri yang melakukan autopsi terhadap Brigadir J atau Yoshua.

Seperti deketahui, sejumlah pejabat Polri datang ke Komnas HAM di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Beberapa di antaranya Inspektur Pengawasan Umum Polri atau Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dan Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokes) Irjen Asep Hendradiana.

Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI M Choirul Anam mengatakan Tim Forensik Polri sudah memberikan keterangan kepada Komnas HAM secara rinci dan terbuka terkait kasus penembakan tersebut.

Anam menambahkan, pihaknya memberi sejumlah pertanyaan terkait karakter dan jumlah hingga penyebab luka di tubuh Brigadir J.

“Logikanya termasuk juga ditunjukkan autopsinya untuk menunjukkan sudut kalau ini luka tembak sudutnya sepetti apa, karakternya sepeti apa. Tadi kita diberi tahu termasuk kerangka waktu kira-kira luka ini kapan terjadinya,” kata Choirul Anam dalam konferensi pers seusai pertemuan dengan tim Forensik Polri di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Anam menambahkan pihaknya terus memperdalam informasi dari pihak keluarga Brigadir J.

Komnas HAM, kata dia, juga memperdalam informasi dengan melalukan diskusi yang melibatkan Dokkes.

Baca juga: Komnas HAM Sebut Catatan Signifikan Soal Luka Pada Brigadir J Terkonfirmasi Pihak Kepolisian

“Diskusi dengan Dokkes dengan melihat posisi jenazah sebelum diautopsi, sampai selesai diautopsi kami punya catatan yang sangat sangat mendalam. Jadi sangat sangat mendalam,” katanya.

Namun, Anam tidak membeberkan secar rinci terkait kesimpulan dari pertemuan dengan Tim Forensik itu.

Sebab, kata dia, Komnas HAM akan mengumpulkan fakta menyeluruh terkait temuan yang didapatkan. 

“Hasilnya nanti. Kesimpulannya nanti enggak bisa diumumkan sekarang,” kata Anam.

Pengamatan News di lokasi, hadir Inspektur Pengawasan Umum Polri atau Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo datang sekira pukul 12.40 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat