androidvodic.com

Psikolog: Cyberbullying Bisa Berdampak terhadap Psikologis Hingga Akademis - News

News, JAKARTA - Psikolog dan Senior Trainer Sejiwa Hellen Citra Dewi menerangkan bagaimana dampak dari cyberbullying.

Karena itu masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap cyberbullying.

Hellen Citra Dewi mengatakan dampak dari cyberbullying antara lain, misalnya dampak psikologis seperti malu, takut, tidak percaya diri hingga depresi.

Selain itu, juga berdampak terhadap sosial seperti menarik diri.

Baca juga: Hindari Cyberbullying, Penting Bagi Orang Tua Memperhatikan Aspek Keselamatan Anak di Dunia Digital

"Dampak akademis juga, yaitu hilang motivasi, dan performa akademis menurun, efek di masa depan. Tidak ada yang aman 100 persen di dunia digital, mari berperan aktif untuk menjadi generasi Indonesia yang makin cakap digital," ujar Hellen Citra Dewi dalam diskusi daring, Selasa (26/7/2022)

Anggota Relawan Edukasi Antihoax Indonesia (Redaxi) Tri Sumarni menuturkan, cyberbullying berdampak sangat berbahaya terhadap korban.

Karena itu, ia meminta agar korban cyberbullying tidak takut untuk melaporkan.

"Jika terjadi pelanggaran dan cyberbullying, kumpulkan lah bukti-bukti pendukung. Berupa rekam jejak digital. Lalu, buatlah laporan kepada pihak berwajib. Untuk tindak kejahatan cyber bisa membuat pelaporan di kantor polisi setingkat Polres," ujar Tri.

Tantangan dalam budaya digital antara lain: minimnya pemahaman akan hak-hak digital, menipisnya kesopanan dan kesantunan, kebebasan berekspresi yang kebablasan, berkurangnya toleransi, menghilangkan batasan privasi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar seri Webinar Literasi digital Makin Cakap Digital dengan tema "Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya". Webinar ini diikuti oleh ratusan peserta.

Hal tersebut bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kominfo dan Siber Kreasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat