androidvodic.com

Indonesia Kerahkan Astros, Heli Tempur Apache, Hingga Tank Amfibi di Latgab Super Garuda Shield 2022 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Sejumlah alutsista andalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dikerahkan dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2022 yang berlangsung sejak 1 sampai 14 Agustus 2022.

Senjata dan Alutsista yang gunakan TNI di antaranya AV-LMU (Astros), AV-RMD, AVPCC, AV-Meteo, AV-UCF, AV-OFVE, Meriam 105 KH 178, Reo, HELI AH-64 Apache, Heli Bell 412, dan Heli HS 1311.

Selain itu, dikerahkan juga KRI Makassar 590, KRI Bung Tomo 357, KRI John Lie 358, KRI Frans Kaisiepo 368, tank amfibi BMP-3F, Armoured Amphibious Vehicle (LVT-7), Boeing 737, dan F-16.

Sementara itu alutsista milik angkatan bersenjata negara sahabat yang dikerahkan di antaranya Himars, Meriam 105 M119, Heli AH-64 Apache, Heli UH-60 Blackhawk, Drone RQ-7 Shadow, Radar Q 50, USS Charleston (LCS-18), USS Green Bay (LPD-20), dan Landing Craff Air Cushion (LCAC).

Selain itu, dikerahkan juga RSS Resolution-208, RSS Supreme-73, P-8 Poseidon, SAF C 130 –J, dan Meriam Caesar.

Dalam latihan tersebut, dilaksanakan pula sejumlah penandatangan kerja sama latihan atau Exercise Support Agreement (ESA).

Kerja sama yang ditandatangani di antaranya antara TNI-AD dan United States Army Pacific Command (Usarpac) dengan negara peserta yang tergabung dalam ESA dalam mendukung Garuda Shield yakni Australia, Jepang, dan Singapura.

Kedua, antara Kopasgat dan 31st Marine Expeditionary Unit (MEU) Amphibious Reconnaissance Platoon (ARP) dalam melaksanakan kegiatan mission planning dan kegiatan Austeree Airfield
Operation.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa membuka secara resmi Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield Tahun 2022 di Puslatpur Kodiklatad Martapura Sumatera Selatan pada Rabu (3/8/2022).

Garuda Shield adalah latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM).

Baca juga: Garuda Indonesia Operasikan 12 Extra Flight dari dan ke Manado dengan Armada Boeing 737-800 NG

Sebelum menyampaikan amanatnya, Andika menyapa dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit yang turut dalam upacara baik dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan sebagainya yang mengikuti latihan tersebut.

Andika berharap persahabatan yang dijalin antara prajurit peserta latihan dapat terus berlanjut hingga selesai latihan.

"Semoga latihan kita lancar dan busa merapatkan hubungan, berinteraksi, sehingga persahabatan ini akan terus berlanjut sampai kita nanti selesai latihan dan mungkin berguna di masa yang akan datang," kata Andika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat