androidvodic.com

Polda Metro Jaya Dorong AMSI Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat hingga Perangi Konten Hoaks - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya mendukung literasi digital masyarakat.

Hal itu mengingat semakin berkembangnya era digital sehingga semakin banyaknya disrupsi informasi di masyarakat.

Itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam pelantikan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta, di Gedung Perpusnas, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).

Zulpan mengatakan dengan dilantiknya kepengurusan AMSI yang diharapkan menjadi satu kekuatan baru untuk mengawal pemerintah dalam rangka memberi informasi yang mendidik kepada masyarakat.

“Karena sekarang ini banyak berita-berita hoaks yang bermunculan dengan berkembangnya kemajuan era teknologi,” kata Zulpan.

“Keberadaan AMSI ini saya rasa ini sangat strategis khususnya bagi kami Polri, Polda Metro Jaya ini akan kita jadikan partner kita dalam rangka memerangi kejahatan di dunia digital,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Polda Metro Jaya dewasa ini banyak mencatat tindak pidana akibat pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ia pun berharap AMSI dapat membantu masyarakat memahami terkait aturan di dalam UU ITE.

Baca juga: Lantik Pengurus Wilayah DKI Jakarta, Ketua Umum AMSI Soroti Pentingnya Media Menggunakan Data

Sebab menurut dia, banyaknya masyarakat yang tersandung kasus UU ITE lantaran belum memahami ketentuan dalam aturan tersebut.

“Kedepan kita harapkan tentunya AMSI DKI Jakarta ini bisa membantu Polda Metro Jaya, khususnya Subditsuber yang kita miliki di Polda Metro Jaya dalam rangka mencerdaskan masyarakat DKI, memberikan pengetahuan, pentingya bermedia sosial yang baik dan benar,” ujarnya.

“Tentunya saya kengucapkan selamat peetama kepada pengurus yang terpilih khususnya Ketua, sudara Rikando Somba dan juga para pengurus yang lain,” tuturnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut melantik Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat ditemui seusai pelantikan Pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024 di Gedung Perpusnas, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat ditemui seusai pelantikan Pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024 di Gedung Perpusnas, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022). (News/Naufal Lanten)

Jajaran Pengurus AMSI DKI Jakarta yang dilantik antara lain Rikando Somba (Validnews) sebagai Ketua AMSI DKI Jakarta, Yulis Sulistyawan (Tribunnews) sebagai Sekjen AMSI DKI Jakarta, Hadi Suprapto (Hops) sebagai Bendahara, Ramadhian Fadillah (Merdeka) sebagai Wakil Ketua, TB Guritno (Tabloidbintang), Heru Margono (Kompas) sebagai Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Rusman (Jurnas) sebagai Bidang Dana dan Usaha, Fathan Qorib (Hukumonline), Rizal Malik (Akurat) sebagai Hubungan Antar Lembaga dan Advokasi serta Gaib Maruto (MNCtrijaya) sebagai Bidang Pendidikan dan Pelatihan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat