androidvodic.com

Mengenal Sorgum: Pengganti Gandum yang Akan Jadi Bahan Dasar Mi Instan - News

News - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, harga mie instan akan mengalami kenaikan sebesar 3 kali lipat.

"Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, di mana ada 180 juta ton gandum ngga bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat," ujar Syahrul melalui kanal YouTube Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Senin (8/8/22).

Sementara itu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) Fransiscus Welirang menyatakan perusahaannya siap untuk mengembangkan mie instant berbahan dasar sorgum untuk menggantikan gandum yang diimpor dari luar negeri.

"Kita dengan Pak Mentan SYL memperbincangkan banyak hal, tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama," kata Fransiscus dikutip dari Kompas.com, Minggu (14/8/2022).

Mengutip laman pertanian.go.id, sorgum adalah tanaman yang bijinya memiliki bentuk seperti jagung, tetapi cenderung lebih kecil.

Sebagai makanan, sorgum bisa diolah menjadi sereal, bubur, tepung, roti, kue, dan sirup.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Jajaranya Genjot Produksi Sorgum

Ada orang yang memilih sorgum sebagai makanan pokok untuk diet karena serat yang tinggi dan memiliki tambahan berupa nutrisi yang tidak terdapat pada sumber karbohidrat biasa.

Kandungan Sorgum

Komposisi gizi yang terkandung dalam 100 gram sorgum:

Baca juga: Menko Perekonomian Pastikan Penanaman Sorgum Dilakukan Maksimal

- Energi: 336 Kalori (Kal)

- Protein: 11 g

- Karbohidrat: 73 g

- lemak: 3.3 g

- Serat: 1.2 g

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat