androidvodic.com

Jokowi Kenakan Baju Paksian Asal Bangka Belitung dalam Pidato Kenegaraan - News

News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/08/2022) pagi.

Dikutip setkab.go.id, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi tiba di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara sekitar pukul 09.30 WIB

Presiden Joko Widodo terlihat berbaju Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung".

Motif tersebut melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Sementara itu, Ibu Iriana tampil anggun mengenakan kebaya pink dipadu dengan hijab berwarna senada.

Baca juga: Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Paksian Hijau Khas Bangka Belitung Saat Sidang Tahunan MPR

Penampilan Ibu Iriana tersebut dilengkapi kain batik berwarna cokelat.

Presiden Jokowi akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 yang akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Ketua DPR RI.

Presiden mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung engan motif hijau dengan tutup kepala berwarna emas aat sidang tahunan MPR.
Presiden mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung engan motif hijau dengan tutup kepala berwarna emas aat sidang tahunan MPR. (istimewa)

Agenda Sidang Tahunan

Mengutip YouTube DPR RI, berikut adalah agenda sidang tahunan.

Sidang Tahunan MPR RI dengan agenda:

1. Pembukaan Sidang MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 sekaligus Pidato Pengantar Sidang MPR RI Tahun 2022 oleh Ketua MPR RI;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat